Sun. Jul 14th, 2024
pemakaian sunscreenpemakaian sunscreen

4 Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Wajib Kamu Tahu. Girls, kamu pasti sudah tahu jika Sunccreen adalah salah satu perawatan kulit yang paling penting. Apa pun skin care yang kamu gunakan, jika tidak rajin menggunakan sunscreen maka kulitmu akan mudah mengalami masalah.

Baca juga : 3 Manfaat Pisang Untuk Wajah, Salah Satunya Mencerahkan Kulit

Sunscreen sangat penting karena melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Dilansir dari laman Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan kelamin Indonesia (Perdoski), paparan sinar matahari dapat membuat kulit jadi gelap, rusak, berkerut, hingga picu tanda-tanda penuaan dini lainnya. Tingkatan parahnya, sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit.
Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menggunakan perlindungan optimal dari sunscreen. Sayangnya, masih banyak perempuan yang salah dalam menggunakan sunscreen. Kesalahan ini juga bisa berakibat fatal jika terus dilakukan.
Nah, kira-kira apa saja kesalahan dalam menggunakan sunscreen? Yuk simak beberapa kesalahan dalam penggunaan sunscreen yang perlu kamu ketahui

1. Menggunakan sunscreen terlalu sedikit

Banyak perempuan yang mengeluhkan kulit kusam hingga berminyak saat pemakaian sunscreen. Itulah sebabnya sunscreen pun digunakan dalam jumlah sedikit agar kulit tetap terasa nyaman.
Padahal, itu tidak benar. Kamu harus menggunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup. Artinya, tidak perlu terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.
“Menggunakan sunscreen-nya itu jangan terlalu sedikit juga. Paling tidak, pakailah minimal dua ruas jari untuk memproteksi seluruh wajah kalian. Dan jangan lupa untuk menggunakan minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar rumah,” kata dokter spesialis kulit, dr. Hari Darmawan, Sp.KK.

2. Tidak menggunakan sunscreen saat cuaca mendung

Girls, perlu diketahui jika sunscreen wajib digunakan setiap saat, walaupun cuaca tidak terik atau berawan. Faktanya, memancarkan sinar UV yang berbahaya untuk selama sepanjang tahun. Bahkan pada hari yang cuacanya berawan hingga 80 persen sinar UV dapat menembus kulit.
“Namanya sinar matahari itu bisa menembus awan dan juga kaca. Jadi, enggak ada alasan, ya, buat kamu enggak pakai sunscreen walaupun lagi di rumah aja,” ujar dr. Hari.
Nah, untuk melindungi kulit dan mengurangi risiko kanker kulit, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya setiap kali kamu berada di luar ruangan bahkan pada hari yang yang tidak terik atau mendung.

3. Tidak membaca label sunscreen

Dikutip dari American Academy of Dermatology, salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan dalam penggunaan sunscreen adalah tidak membaca label sunscreen terlebih dahulu. Padahal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.
Sebelum menggunakan sunscreen, kamu harus tahu dulu berapa jumlah Sun Protection Factor atau SPF dan juga PA yang kamu gunakan. SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV B, sedangkan PA berfungsi melindungi kulit dari sinar UV A. Pilihlah sunscreen sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya girls.

4. Tidak re-apply sunscreen

Kesalahan lainnya yang juga sering dilakukan adalah tidak re-apply sunscreen atau hanya menggunakan sunscreen satu kali saja dalam sehari. Padahal, sunscreen harus dipakai ulang agar bisa melindungi kulitmu seharian.
“Jangan menggunakan sunscreen hanya sehari sekali. Selalu ingat, gunakan sunscreen dan di-reapply dua atau tiga jam sekali. Sebaiknya cuci muka terlebih dahulu [sebelum reapply]. Tapi, kalau memang kamu enggak sempat dan enggak ada waktu, kamu bisa menggunakan optional sunscreen yang sifatnya adalah spray,” papar dr. Hari.
Umumnya, sunscreen dioleskan kembali ke kulit setiap dua jam, terutama setelah berenang atau berkeringat. Sebab, keringat dan produksi sebum dapat mengganggu pemerataan perlindungan sunscreen di kulit.