Sun. Apr 14th, 2024
dewi sandradewi sandra

Tips Pilih Pakaian Muslim Saat Musim Panas yang anti gerah, anti bau dan sudah pasti nyaman dong. Seperti yang kita ketahui saat ini indonesia sedang mengalami musim panas disebagian besar wilayah Indonesia yang di prediksi terjadi antara bulan Juli dan Agustus 2023.

Tentunya di tengah musim kemarau seperti sekarang sangat mudah bagi beberapa orang berkeringat saat beraktivitas. Apalagi jika pakaian yang dikenakan berbahan dasar tebal, tentu akan membuat tubuh berkeringat dan berbau tak sedap.

Maka dari itu saya akan membahas Tips Pilih Pakaian Muslim Saat Musim Panas seperti yang sedang kita alami sekarang. Kondisi ini juga kerap kali dialami masyarakat Muslim yang sebagian orangnya mengenakan pakaian panjang dan mengenakan hijab. Meski demikian, sebenarnya banyak pakaian Muslim terbuat dengan bahan adem dan nyaman jika dipakai saat musim kemarau. Terlebih lagi saat ini sudah banyak platform belanja online yang menawarkan berbagai pakaian Muslim dengan bahan aman dan nyaman.

Baca juga : 5 Kandungan Didalam Skincare untuk Cerahkan Wajah Kusam

Berikut beberapa tips yang bisa kamu simak untuk memilih pakaian muslimah agar kamu merasa nyaman dan tidak gerah.

1. Pilih bahan yang nyaman, utamakan serat alami

Tips penting memiliki busana Muslim yang nyaman untuk musim kemarau yakni utamakan bahan serat alami. Bahan serat seperti linen atau katun memili kemampuan ‘bernapas’ karena sirkulasi udara mudah masuk melalui pori-pori material sehingga memberikan rasa adem dan nyaman saat digunakan. Aldhy mengatakan, berdasarkan data internalnya, tercatat bahan katun dan linen meningkat hungga 2,5 kali lipat.

2. Pakai warna pastel untuk memantulkan panas

Tips lainnya dalam memilih pakaian Muslim saat musim kemarau yakni pemilihan warna. Warna-warna cerah seperti putih atau pastel dapat memantulkan panas sehingga tidak membuat gerah.

Warna putih dan pastel sangat ideal digunakan saat cuaca panas karena dapat memantulkan cahaya matahari. Selain itu, warna pastel juga bisa membuat penampilan terlihat lebih segar.
Tidak hanya itu, warna pastel juga disebut sangat modis dan kekinian. Ini sangat cocok jika dipadukan dengan berbagai jenis pakaian lainnya.

3. Gunakan pakaian yang longgar untuk perlancar sirkulasi udara

Pakaian Muslim yang dapat dipilih dan sesuai untuk musim panas yaitu harus longgar. Selain sesuai dengan syariat Islam, pakaian longgae juga membantu sirkulasi udara keluar masuk secara baik. Selain itu, pakaian longgar juga bisa memberikan rasa nyaman saat dikenakan.

4. Pilih hijab berbahan ringan dan berpori

Bagi mereka yang berbijab, memilih bahan adalah hal penting. Hal ini karena hijab yang terlalu tebal dapat membuat keringat dan bau pada kepala. Usahakan memilih hijab dengan tekstur ringan dan berpori. Ini akan membantu untuk atasi keringat saat cuaca panas.

5. Pakai terusan supaya dapat lebih mudah bergerak

Tips lain untuk memakai pakaian Muslim yang nyaman saat musim kemarau yaitu menggunakan terusan atau dress. Pakaian terusan atau dress bisa menjadi pilihan yang tepat khususnya saat cuaca panas agar lebih bebas bergerak. Selain itu, terusan atau dress juga mudah dipadu padankan sehingga penampilan tetap stylish dan keren.

Itu dia beberapa tips memilih pakaian Muslim saat musim kemarau. Semoga bermanfaat ya.