Sat. Jun 15th, 2024
TSUNAMI HANTAM JEPANG IMBAS DARI GEMPA FILIPINATSUNAMI HANTAM JEPANG IMBAS DARI GEMPA FILIPINA

NUSANTARA – Tsunami hantam jepang, Imbas dari gempa berkekuatan 7,5 yang mengguncang Filipina. Badan Meteorologi Jepang mengungkapkan, bahwa terjadi gelombang tsunami menerjang Pulau Hachijojima, jepang dengan ketinggian air mencapai 40 cm, pada hari Minggu (3/12/2023). Pulau tersebut berada sekitar 180 mil (290 kilometer) selatan ibu kota Tokyo.

Sebelum tsunami hantam jepang, Badan Meteorologi jepang juga telah mengeluarkan peringatan tsunami akan menghantam Jepang dengan ketinggian satu meter.

Saluran TV NHK juga sebelumnya pada Minggu (3/12) dini hari sekitar 01.30 waktu setempat, mengatakan jika gelombang tsunami bakal mencapai pantai barat.

Info Terkini Tsunami Di jepang

Diberitakan bahwa pada Sabtu (2/12) terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang wilayah Mindanao, Filipina. Kejadian tersebut terjadi malam hari, sekitar pukul 22.37 waktu setempat. Kejadian tersebut sebelum tsunami hantam jepang.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (ESMC) mengatakan bahwa gempa tersebut melanda Mindanao dengan kedalaman 63 kilometer (39 mil).

Akibatnya, beberapa wilayah di pesisir barat daya Jepang dan Filipina sebelumnya berpotensi dihantam tsunami setelah keluarnya peringatan dari masing-masing negara.

Filipina sudah tidak berisiko dihantam tsunami Berdasarkan Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat. Namun, warga tetap diminta untuk selalu waspada karena di beberapa wilayah pesisir ada potensi kenaikan volume air.

Meskipun demikian, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, PHIVOLCS, mengatakan bahwa kemungkinan resiko tsunami masih akan tetap ada.

PHIVOLCS juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang tinggal di dekat kawasan pantai untuk segera mengungsi dan menjauhi pinggir pantai. seperti masyarakan yang ada di Provinsi Surigao Del Sur dan Davao Oriental, mereka sebaikan menjauh dari kawasan pantai.

Berbeda dari wilayah Filipina yang lain, kedua provinsi tersebut sebagian besarnya merupakan wilayah pedesaan dan tidak padat penduduk.

“Kapal-kapal yang telah berada di laut selama periode ini diharuskan tetap berada pada lepas pantai di perairan dalam sampai ada informasi lebih lanjut lagi,” himbauan dari PHIVOLCS.

Terlepas dari bencana tersebut,Indonesia juga merasakan dampaknya. Berdasarkan laporan dari BMKG, pada pukul 21.37 WIB gempa magnitudo 7,5 juga mengguncang Pulau Karatung, di Sulawesi Utara. Episenter terletak pada 8,53 lintang utara dan 126,69 bujur timur, lebih tepatnya berada di laut 420 km barat laut dari Pulau Karatung.

Dikabarkan sejumlah gempa susulan masih terus terjadi Hingga pukul 23.50 WIB. Gempa menghantam wilayah sekitar Sulawesi Utara dengan kekuatan magnitudo 5,2 hingga 6,2.

BACA JUGA : MASJID DI JAKARTA MEMBUKA POSKO UNTUK RELAWAN KE GAZA