Thu. Feb 29th, 2024
10 WILAYAH DENGAN BIAYA HIDUP TERENDAH DIINDONESIA10 WILAYAH DENGAN BIAYA HIDUP TERENDAH DIINDONESIA

TERKNI 10 Wilayah di indonesia ini termasuk daerah dengan biaya hidup yang paling murah di indonesia. Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduknya termasuk besar.

BPS (Badan Pusat Statistik) merilis hasil Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2022. Dalam survei tersebut, BPS melaporkan tentang besaran nilai rata-rata konsumsi per rumah tangga dari 90 kota atau kabupaten yang ada di indonesia.

Daftar 10 Wilayah Dengan Biaya Hidup Rendah

1. Bima

    Bima Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bima adalah salah satu wilayah dengan biaya hidup terendah di Indonesia. Harga makanan, transportasi, dan akomodasi di sini relatif murah, membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menghemat pengeluaran.

    2. Gorontalo

    Gorontalo Terletak di Provinsi Gorontalo, Gorontalo juga termasuk wilayah dengan biaya hidup terendah. Biaya sewa rumah atau apartemen di sini relatif murah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

    3. Jember

    Jember Terletak di Provinsi Jawa Timur, Jember juga terkenal sebagai salah satu tempat dengan biaya hidup yang terjangkau. Ada banyak pilihan tempat tinggal yang terjangkau dan banyak pasar rakyat yang menawarkan harga makanan yang murah.

    4. Palu

    Palu Terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Palu juga dapat dianggap sebagai wilayah dengan biaya hidup terendah. Harga barang-barang sehari-hari seperti makanan, minuman, dan kebutuhan sehari-hari lainnya cenderung lebih murah di sini.

    5. Pekanbaru

    Pekanbaru Terletak di Provinsi Riau, Pekanbaru juga menawarkan biaya hidup yang terjangkau. Terdapat banyak tempat makan, toko, dan pasar yang menawarkan harga yang relatif murah.

    6. Pontianak

    Pontianak Terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak juga dikenal sebagai salah satu wilayah dengan biaya hidup terendah di Indonesia. Harga makanan dan akomodasi di sini umumnya lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

    7. Samarinda

    Samarinda Terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda menawarkan biaya hidup yang terjangkau. Harga sewa rumah, makanan, dan transportasi di sini cenderung lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

    8. Serang

    Terletak di Provinsi Banten, Serang juga termasuk wilayah dengan biaya hidup terendah. Harga makanan, kebutuhan sehari-hari, dan akomodasi di sini lebih terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

    9. Sumedang

    Terletak di Provinsi Jawa Barat, Sumedang juga dapat dianggap sebagai daerah dengan biaya hidup terendah. Harga makanan dan akomodasi di sini relatif murah dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

    10. Tarakan

    Tarakan Terletak di Provinsi Kalimantan Utara, Tarakan juga merupakan salah satu wilayah dengan biaya hidup terendah di Indonesia. Harga makanan, transportasi, dan akomodasi di sini lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

      BACA JUGA : Oknum Paspampres Pembunuh Imam Lolos Hukuman Mati