Sun. Feb 25th, 2024
mengatasi kulit keringmengatasi kulit kering

6 Kesalahan Menggunakan Skincare bagi Pemilik Kulit kering. Dilansir dari sensatia.com Pemilik kulit kering pasti suka risi banget sama kulit yang kadang terasa kasar bahkan bersisik, kan? Kulit kering merupakan kondisi kulit yang memang membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya. Kamu wajib banget untuk lebih teliti dan punya cukup pengetahuan soal cara merawat kulit kering.

Sayangnya, masih banyak pemilik kulit kering yang seringkali gak menyadari kesalahan dalam menggunakan skincare yang justru bisa memperburuk kondisi kulit. Untuk menghindari hal tersebut, simak enam kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik kulit kering dalam merawat kulit berikut ini.

Baca juga : Pemakaian Skincare yang benar dan Wajib kamu Tahu!

Berikut 6 Kesalahan Menggunakan Skincare bagi Pemilik Kulit Kering yang bisa kamu simak :

Berikut 6 Kesalahan Menggunakan Skincare bagi Pemilik Kulit Kering yang bisa kamu simak :

1. Tidak menggunakan pelembab yang cukup

Kesalahan pertama yang dilakukan pemilik kulit kering adalah gak menggunakan pelembap yang cukup. Padahal, kulit kering memerlukan kelembapan tambahan untuk menjaga keseimbangan kadar air di dalamnya.

Jika kamu mengabaikan pelembap, kulit akan semakin kering, kusam, dan rentan terhadap kerutan. Makanya, pilihlah pelembap yang kaya akan bahan pelembap seperti gliserin, asam hialuronat, atau minyak alami seperti minyak jojoba atau almond.

2. Menggunakan produk skincare dengan kandungan alkohol tinggi

Beberapa produk skincare mengandung alkohol yang bisa membuat kulit justru semakin kering. Pemilik kulit kering sebaiknya menghindari produk dengan kandungan alkohol tinggi, terutama jika tertera dalam lima bahan pertama pada daftar kandungan.

Sebaliknya, pilihlah produk yang lembut dan bebas alkohol. Pastikan produk yang digunakan mengandung bahan-bahan yang bisa melembapkan dan menenangkan kulit.

3. Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam rutinitas skincare untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan memperbaharui kulit. Kamu mungkin merasa kulit keringmu sangat mengganggu sehingga ingin sering-sering melakukan eksfoliasi.

Padahal, terlalu sering eksfoliasi bisa merusak lapisan pelindung kulit dan membuatnya semakin kering, lho. Pemilik kulit kering sebaiknya melakukan eksfoliasi hanya satu hingga. Dua kali seminggu dan menggunakan produk eksfoliasi yang lembut dan gak mengandung butiran yang kasar.

4. Menggunakan air panas saat mencuci wajah

Mencuci wajah dengan air panas mungkin terasa menyenangkan dan menenangkan, ya. Eits, tapi kamu harus berhenti melakukannya dari sekarang, terutama jika kulitmu adalah tipe yang kering. Karena itu bisa merusak kulit keringmu.

Air panas bisa menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan hilangnya kelembapan. Sebaiknya, gunakan air hangat saat mencuci wajah. Dan usahakan untuk gak terlalu lama berada di bawah pancuran agar kulit tetap lembap.

5. Tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah. Gak terkecuali pada pemilik kulit kering. Kulit kering cenderung lebih rentan terhadap radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar UV.

Itulah kenapa kamu harus selalu menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi sebelum keluar rumah. Terlebih jika kamu akan berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

6. Mengabaikan kandungan produk skincare

Pemilik kulit kering perlu banget untuk lebih memperhatikan kandungan produk skincare yang digunakan. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan yang cocok untuk kulit kering mu. Seperti misalnya aloe vera, ceramide, vitamin E, dan minyak alami.

Hindari produk yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras, ya. Karena bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang sudah sensitif.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas dan merawat kulit dengan tepat. pemilik kulit kering akan bisa menjaga kulit tetap lembap. Sehat, dan terlihat bercahaya. Penting juga untuk melakukan rutinitas skincare yang tepat dan konsisten sesuai dengan kebutuhan kulit keringmu. Sehingga, kulitmu bisa lebih lembap dan sehat. Siap mencoba?