Sun. Feb 25th, 2024
Apakah Kopi Berbahaya Jika Digunakan Sebagai Masker Wajah?Apakah Kopi Berbahaya Jika Digunakan Sebagai Masker Wajah?

Apakah Kopi Berbahaya Jika Digunakan Sebagai Masker Wajah?. Beauty lovers pasti sudah sangat mengenal kopi,selama ini kopi yang kita ketahui ialah kopi untuk diminum. Namun tahukah beauty lovers jika kopi sempat beberapa kali viral di sosial media. Penyebab bahan yang satu ini viral ialah karena penggunaannya dalam kecantikan. Seperti yang diketahui banyak brand kecantikan yang mengeluarkan produk nya dengan kopi sebagai salah satu kandungannya.

Nah yang menjadi permasalahan disini ialah menggunakan bubuk kopi minuman sebagai masker wajah. Banyak beauty lovers yang belum mengetahui nih tentang penggunaan bubuk kopi tersebut yang dijadikan sebagai masker wajah. Sejatinya bubuk kopi memiliki kandungan yang dapat menyehatkan kulit wajah. Namun dalam penggunaan kopi sebagai masker wajah diperlukan takaran yang tepat dan tidak boleh secara sembarangan.

Kopi sendiri memiliki kandungan kafein yang dapat merawat kecantikan kulit wajah. Tidak hanya itu kandungan kafein yang terdapat dalam kopi bisa mengurangi pembengkakan pada lingkar mata. Tidak hanya pada wajah namun hal tersebut juga bisa meredakan bengkak pada kulit wajah kita.

Selain memiliki kandungan kafein yang dapat memberikan efek meredakan pembengkakan yang ada pada wajah. Kafein juga rupanya memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan seperti kandungan caffeic acid.

Hal ini merupakan hasil dari proses biji kopi yang sudah dipanggang sebelumnya sehingga menghasilkan pegmen yang bernama melanoudin. Dimana pigmen tersebut sangat bagus untuk kesehatan kulit karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa antioksidan memiliki manfaat yang sangat bagus pada kulit wajah. Yaitu bermanfaat sebagai penangkal dari penuaan dini. Meski kandungan kopi begitu menjanjikan untuk kulit wajah namun untuk penggunaannnya sendiri memiliki aturan yang harus bisa disesuaikan. Karena penggunaan kopi sebagai masker memiliki efek samping.

Apakah Kopi Berbahaya Jika Digunakan Sebagai Masker Wajah?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa penggunaan kopi sebagai masker wajah memiliki efek samping pada wajah. Efek samping yang ditimbulkan pun berbagai macam. Yuk simak informasi mengenai efek samping yang akan terjadi bila menggunakan kopi sebagai masker wajah dengan takaran yang tidak sesuai.

Menurut artikel hellosehat efek samping yang akan ditimbulkan dari penggunaan masker kopi ialah :

Menimbulkan Iritasi pada Kulit Wajah

Bahaya dari penggunaan masker kopi secara sembarangan yang tidak kita sadari ialah memunculkan iritasi pada kulit wajah kita. Hal ini terjadi dikarenakan kopi sendiri memiliki tekstur yang sangat kasar untuk kulit wajah. Banyak yang beranggapan bahwa tekstur tersebut berguna sebagai scrub pada kulit wajah.

Namun spekulasi tersebut merupakan kesalahan besar pasalnya tekstur kasar yang terdapat pada kopi justru bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan saat beauty lovers mencuci wajah setelah menggunakan masker kopi tersebut. Maka butiran kasar kopi yang ada pada wajah bisa menyebabkan kikisan pada lapisan kulit ataupun skin barrier.

Hal ini lah yang memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah ,terutama pada kulit wajah yang sangat sensitif terhadap gesekan.

Bisa Berakibat Infeksi Pada Kulit Wajah

Apabila kulit wajah yang mengalami pengikisan ataupun iritasi sebelumnya karena penggunaan makser kopi tersebut. Bisa juga menyebabkan efek samping selanjutnya yaitu berakibat infeksi pada kulit. Hal ini disebabkan karena kulit wajah yang sudah mengalami gesekan sebelumnya menimbulkan luka pada kulit wajah.

Sehingga luka yang tebuka tersebut rentan terkena bakteri maupun mikroorganisme lainnya. Dimana hal tersebut bisa menyebabkan bakteri dari luar bersarang pada kulit wajah sehingga kulit kita terkena infeksi. Dan efek yang ditimbulkan dari infeksi tersebut berupa bengkak,kemerahan,ruam bahkan bisa menyebabkan kulit wajah menjadi bernanah lho. Sangat bahaya bukan beauty lovers?.

Baca Juga : Resmi Menjadi BA GENTLEWOMEN, Ini Dia Potret Maudy Ayunda

Menimbulkan Reaksi Alergi Pada Kulit

Tidak hanya sampai disitu rupanya penggunaan kopi sebagai masker wajah bisa menimbulkan alergi yang mendalam bagi tubuh kita lho. Alergi tersebut timbul karena ketidakcocokan kulit kepada penggunan kopi sebagai masker wajah. Tidak sampai disitu ternyata alergi akibat penggunaan kopi tersebut juga bisa menyerang kekebalan tubuh kita lho beauty lovers. Jika imun tubuh kita berkurang maka akan sangat senyawa yang terkandung pada kopi justru dianggap berbahaya oleh tubuh.

Nah berdasarkan informasi yang didapat diatas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan kopi tidaklah berbahaya pada kulit wajah jika digunakan dalam batas wajar. Namun jika digunakan secara berlebihan maka penggunaan masker kopi pada wajah justru menjadi musuh besar bagi kulit wajah kita.