Mon. Jul 22nd, 2024
Beberapa Kecamatan Di OKU Terendam BanjirBeberapa Kecamatan Di OKU Terendam Banjir

Ogan Komering Ulu, beberapa Kecamatan di OKU, Sumatera Selatan terendam banjir. Hal tersebut imbas dari intensitas, hujan sedang dan lebat yang terjadi pada Sabtu pada tanggal 15 Juni 2024 malam. Beberapa Kecamatan di OKU yaitu, Kecamatan Baturaja Timur, Ulu Ogan, dan Kecamatan Lengkiti.

Diperkirakan wilayah lain juga akan terkena dampaknya, terutama di wilayah hulu. Masyarakat diminta bersiap dan waspada ketika air masuk ke rumah-rumah warga. “Dari informasi yang dilaporkan dini hari tadi, wilayah yang terpantau banjir berada di Kecamatan Baturaja Timur dan Ulu Ogan. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Lengkiti, laporan terakhir masih terjadi hujan deras selama 2 jam. nonstop. Kami masih terus mengecek kondisi saat ini seperti apa,” ungkap Kepala Divisi. Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Sudirman, Minggu pada tanggal 16 Juni 2024.

BACA JUGA : Viral Insiden Bocah Terlindas Bus Saat Ikut Iring-iringan Telolet

Ia mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah OKU merupakan yang kesekian kalinya. Bahkan, ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, kawasan ini selalu terdampak banjir. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Ogan dan anak-anak sungainya karena tidak mampu lagi menampung air hujan.

BPBD, TNI, Polres dan OPD/instansi terkait (Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Lintas Sektor) telah mengevakuasi warga terdampak banjir di kota tersebut dan terus memantau aliran air Sungai Ogan, jelasnya.

Pihaknya belum mendapat informasi rinci berapa jumlah warga dan rumah yang terdampak banjir. Saat ini petugas TRC PB masih fokus mengevakuasi warga terdampak banjir. “Untuk lampu di beberapa kecamatan dimatikan untuk mencegah adanya korban jiwa dan kemungkinan terganggunya komunikasi,” ujarnya.