Sun. Feb 25th, 2024
MANFAAT ES BATUMANFAAT ES BATU

Berbagai Manfaat Es Batu yang wajib kamu ketahui. Biasanya esbatu digunakan untuk mendinginkan minuman kan, Tapi tak banyak yang tahu jika esbatu mempunya berbagai manfaat untuk kesehatan wajah loh. Manfaanya pun beragam, contohnya mengatasi mata dan wajah bengkak. Bahkan esbatu juga bisa meredakan jerawat yang meradang.

Baca juga : Skincare Anti Kerutan Dengan Efek Seperti Botox

Es batu juga sering digunakan sebagai kompres dingin untuk meredakan panas akibat demam dan meredakan pembengkakan serta peradangan ditubuh, misalnya cedera otot ataupun terkena gigitan serangga.

Tidak hanya mengobati kondisi medis pada tubuh saja, namun esbatu mempunyai beberapa manfaat untuk kecantikan wajah.

Berbagai Manfaat Es Batu untuk Wajah

Manfaat es batu yang bisa kamu rasakan adalah dengan mengompres ke wajah. Dikutip dari alodokter.com, Berikut ini simak manfaat nya yang dapat kamu peroleh :

Meredakan wajah yang membengkak

Pada saat bangun tidur, wajah dan mata seringkali membengkak akibat penumpukan cairan dari aliran getah bening pada saat tidur. Untuk mengurangi pembengkakan, kalian dapat mengompresnya dengan esbatu pada wajah.

Selain mengatasi bengkak pada saat bangun tidur, kompres dengan es batu juga bisa megurangi bengkak pada pipi akibat masalah sakit gusi maupun cedera pada pipi lainnya.

Mengurangi mata bengkak akibat menangis

Saat menangis tentunya mata akan memproduksi air mata secara berlebihan. Sebagian keluar dari mata atau melalui saluran mata ke hidung. Sisanya menumpuk dalam jaringan di kelopak mata sehingga bagian ini tampak membengkak.

Untuk mengurangi mata bengkak abibat menangis kamu bisa mengkompresnya dengan esbatu dibagian bawah mata dan area yang bengkak.

Mengatasi Jerawat Meradang

Penggunaan esbatu pada wajah juga mampu mengatasi jerawat yang meradang. Esbatu mempunyai manfaat sebagai antiradang yang dapat meredakan tanda peradangan pada kulit yang berjerawat seperti kemerahan, nyeri, dan bengkak pada wajah akibat jerawat.

Menyamarkan Kerutan Pada Wajah

Wajah yang sudah mulai tampak kerutan bisa kamu samarkan dengan penggunaan esbatu ini ke area wajah. Karena esbatu diketahui bisa membuat kulit wajah semakin kencang, sehingga kerutan-kerutan di wajah dapat tersamarkan.

Mencerahkan Wajah

Esbatu juga dapat mencerahkan wajah karena sifatnya yang dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah, terutama dibagian wajah sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Cara Penggunaan Es Batu

Penggunaan es batu juga sangat mudah, caranya hanya dengan membungkus atau melapiskan esbatu dengan tisu atau handuk yang tipis dan lembut.

Selanjutnya tempelkan pada area wajah dan lakukan gerakan dengan memutar secara perlahan dan lakukan 1-3 menit.

Namun jika kamu memiliki kulit yang sensitif alangkah baiknya untuk tidak menggunakan metode ini karena dapat menyebabkan kulitmu menjadi iritasi.

Itulah berbagai manfaat es batu dan cara penggunaannya yang cukup sederhana, semoga bermanfaat.