Sun. Feb 25th, 2024
Manfaat LemonManfaat Lemon

Manfaat Lemon untuk kesehatan tentu sangat banyak sekali. Di dalam lemon mengandung berbagai nutrisi yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Beberapa di antaranya, vitamin C, air, protein, serat, magnesium, kalium, dan kalsium.

Manfaatnya bagi kulit, yaitu mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat serta komedo. Berbagai kandungan di dalamnya juga efektif menjaga kesehatan mulut hingga mencegah penyakit jantung.

Baca juga : Punya Kulit Sensitif Yang Mudah Berjerawat? Ini Dia Solusi nya

Manfaat Lemon untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Dikutip dari halodoc.com, Buah lemon mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Angka yang tertera di bawah ini adalah nutrisi yang terdapat di dalam ½ cangkir atau sekitar 100 gram lemon mentah kupas:

  • Kalori: 29 kilokalori.
  • Air: 89 persen.
  • Protein: 1.1 gram.
  • Karbohidrat: 9.3 gram.
  • Gula: 2.5 gram.
  • Serat: 2.8 gram.
  • Lemak: 0.3 gram
Manfaat Lemon

Selain itu, buah lemon juga memiliki banyak kandungan nutrisi penting lainnya, seperti :

  • Serat. Kandungan serat larut seperti pektin dalam lemon dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Karena dapat memperlambat pencernaan gula dan pati.
  • Vitamin dan mineral. Seperti vitamin C, kalium, dan vitamin B6 meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mengubah makanan menjadi energi.
  • Asam sitrat. Berperan sebagai astringent alami, karena dapat memperkecil pori-pori dan mengontrol produksi minyak.
  • Magnesium. Efektif untuk menghaluskan kulit, melambatkan penuaan, dan melindungi sel kulit dari radikal bebas.
  • Kalium. Berperan untuk merangsang sistem saraf pusat, melawan radikal bebas, meningkatkan pembentukan sel darah, serta mengatur tekanan darah.
  • Senyawa tumbuhan. Seperti hesperidin, eriocitrin, dan D-limonene dalam lemon memiliki manfaat mencegah kanker, penyakit jantung, dan peradangan. Selain itu juga meredakan masalah lambung seperti mulas dan refluks.

Dari banyaknya kandungan nutrisi di atas, manfaat lemon yang bisa kamu kamu dapatkan untuk kulit dan tubuh, antara lain :

1. Membantu mencerahkan kulit

Lemon kaya akan kandungan vitamin C dan asam sitrat yang juga berfungsi sebagai pencerah kulit. Cara kerjanya dengan merontokkan sel kulit mati meningkatkan regenerasi sel kulit yang baru.

2. Menghilangkan jerawat dan komedo

Lemon adalah makanan sehat yang mengandung antibakteri dan antijamur untuk membantu mengatasi masalah jerawat serta komedo. Caranya, oleskan daging buah ke area kulit yang bermasalah. Tunggu dan diam selama 5 hingga 10 menit kemudian bilas dengan air.

3. Memudarkan bintik hitam dan bekas luka

Manfaat ini berasal dari kandungan asam sitrat yang membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dengan lebih cepat. Karena buah ini dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit yang mati.

4. Mencegah sakit jantung dan diabetes

Antioksidan berupa d-limonene yang terkandung di dalamnya efektif menurunkan risiko sakit jantung dan diabetes tipe 2. Karena buah ini dapat meningkatkan aktivitas enzim yang membantu mengurangi stres oksidatif penyebab penyakit.

5. Lemon dapat mencegah infeksi

Dalam buah lemon, terkandung sifat antimikroba dan antijamur. Kedua kandungan tersebut secara signifikan dapat merusak dan mengurangi pertumbuhan bakteri resistensi antibiotik penyebab infeksi kulit.

6. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi air lemon secara rutin menjadi kebiasaan yang baik untuk menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Clinical Nutrition Research, kelompok (subjek penelitian) yang mengonsumsi air lemon sebelum mengonsumsi makanan, terbukti makan lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

7. Mencegah batu ginjal

Mengonsumsi buah ini bisa membantu kamu terhindar dari munculnya batu ginjal. Hal ini karena lemon mengandung asam sitrat yang bisa mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine.

Sebaiknya cari tahu berbagai keluhan kesehatan yang bisa terjadi ketika kamu mengalami batu ginjal melalui artikel ini → Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Muncul Batu Ginjal

8. Mencegah anemia

Ketika tubuh kekurangan zat besi, kondisi ini dapat memicu gangguan produksi sel darah merah yang menyebabkan anemia.

Mengonsumsinya mengoptimalkan kebutuhan vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi, sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih optimal.

9. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengonsumsi air perasannya dengan campuran air hangat pada pagi hari mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini karena tingginya kandungan antioksidan dalamnya.

Bahkan, kebiasaan mengonsumsinya pada pagi hari bisa membantu untuk mengatasi konstipasi.

10. Menurunkan risiko kanker

Senyawa tumbuhan, seperti limonene dan naringenin yang terdapat dalam buah ini bisa menurunkan risiko kanker. Hal ini karena kedua senyawa tumbuhan tersebut memiliki efek antikanker.

Melansir dari Journal of Biomedicine and Biotechnology, menemukan bahwa senyawa tersebut juga mampu mencegah tumor ganas. Khususnya yang memicu penyakit kanker lidah, paru-paru, dan usus besar.