Sat. May 25th, 2024
BMKG PERINGATKAN PETAKA MENGANCAM INDONESIABMKG PERINGATKAN PETAKA MENGANCAM INDONESIA

VIRAL – BMKG memberikan peringatan terhadap kondisi iklim. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini permasalahan krisis pangan sedang menghantui negara kita. Indonesia mengalami krisis pangan yang diakibatkan dari dampak El-Nino.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga merespon hal ini. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa indonesia termasuk negara yang rentan terhadap gangguan ketahanan pangan. Salah satu pemicunya adalah akibat dari kekeringan atau kekurangan air.

BMKG Berikan Peringatan

Suhu permukaan bumi yang terus menerus mengalami kenaikan menjadi pemicu kekeringan dan kekurangan air di Indonesia. Tentunya hal tersebut berdampak besar pada stok pangan kita dengan banyak nya hasil panen yang menurun. Bahkan ada beberapa yang gagal karena hal tersebut. Dalam tahun 2023 ini berulang kali mencapai rekor baru terkait panasnya. dan pada juli 2023 adalah bulan juli terpanas dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Kepala BMKG juga menjelaskan bahwa mulai dari tahun 1850 an mulai terjadi kenaikan temperatur global. Hal ini dipicu dengan semakin meningkatnya pertumbuhan industri. Dan pada tahun 1980 an pemanasan melonjak semakin signifikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BMKG pada rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, pada Rabu (8/10/2023).

Ia menjelaskan bahwa kenaikan suhu hingga 2023 mencapai 1,2 derajat Celcius jika dibandingkan di masa sebelum revolusi industri. dan tercatat bahwa dalam 8 tahun terakhir ini adalah tahun terpanas dalam sepanjang sejarah,” ucap Kepala BMKG dalam akun Youtube DPR Komisi V pada Jumat ( 10/11/2023)

“Kenaikan suhu memang dari global, meskipun saat ini indonesia belum sebesar yang lain. Ini karena luas laut kita yang lebih besar dari luas daratannya, hal tersebut juga berperan sebagai pendingin.” Ucapnya

Akibat dari lonjakan suhu itu, maka terjadi global water hotspot atau kekurangan air.Hal ini terjadi secara global dan akan berlangsung dalam beberapa waktu kedepan. Dan diprediksikan juga sekitar tahun 2050 sebagian besar wilayah di dunia akan berwarna orange bahkan sampai hitam.

Akibat dari kekeringan diprediksikan oleh organisasi meteorologi dunia bahwa indonesia berwarna orange, terjadi kerentanan tinggi terhadap pangan. Dan Kepala BMKG juga mengatakan bahwa diprediksi pada tahun 2050 akan terjadi kekurangan pangan karena terjadinya kekeringan diwilayah-willayah orange,coklat,merah, dan gelap. Dan indonesia termasuk wilayah Orange yang artinya menengah.




BACA JUGA : Piala Dunia U-17 Di Indonesia, Ini Gambaran Mewah Stadiunnya