Tue. May 28th, 2024
Piala Dunia U-17 Di Indonesia, Ini Gambaran Mewah StadiunnyaPiala Dunia U-17 Di Indonesia, Ini Gambaran Mewah Stadiunnya

INFOBOLA – Piala dunia U-17 sudah berlangsung, Ajang besar dunia sepak bola ini diselenggarakan di Indonesia yang tahun ini sebagai Tuan Rumah. Pertandingan resmi dimulai pada 10 November 2023. Indonesia membersiapkan 4 Stadion yang digunakan dalam menggelar pertandingan.

Dalam edisi ke -19 Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan ini terdapat 24 negara yang akan dipertandingkan. Kompetisi ini berjalan dibawah naungan FIFA. Dalam visi nya turnamen dari kelompok usia ini bertujuan untuk mencari dan mendidik talenta-talenta mudah dalam sepak bola.

Kompetisi ini, 24 negara tersebut dibagi menjadi 6 grup, dan setiap grup diisi oleh empat tim. Namun 2 negara dipastikan otomatis lolos ke fase gugur yaitu Peringkat satu dan Peringkat dua. serta ditambahkan dengan empat tim dengan peringkat 3 terbaik.

Indonesia yang menjadi tuan rumah dalam laga ini akan berhadapan dengan tim-tim kuat dari Ekuador, Panama, dan Maroko yang berada di Grup A.

Pertandingan Timnas Indonesia akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). Tiga stadion lainnya yang akan digunakan untuk menjalankan pertandingan adalah, Stadion Si Jalak Harupat, Manahan, dan Jakarta International Stadium.

Empat Stadion Yang Digunakan Dalam Piala Dunia U-17

1. Stadion Glora Bung Tomo Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17 Di Indonesia, Ini Gambaran Mewah Stadiunnya

Gelora Bung Tomo adalah salah satu stadion yang digunakan dalam pelaksanaan piala dunia U-17 yang diselenggarakan pada tahun 2023, dimana Indonesia dipercaya sebagai Tuan Rumah. Stadion ini merupakan stadion serbaguna yang ada di kota surabaya yang termasuk dalam bagian dari kompleks olahraga di Surabaya Sport Center.

Mulai dibangun pada 2008 dan dibuka 6 Agustus 2010 Stadion ini menghabiskan anggaran sebesar Rp. 500 Miliar, dan direnovasi pada 2019-2020 menghabiskan anggaran Rp. 100 Miliar.

2. Jakarta International Stadium (JIS)

Piala Dunia U-17 Di Indonesia, Ini Gambaran Mewah Stadiunnya

Stadion Internasional Jakarta atau dalam bahasa inggris disebut (Jakarta International Stadium), diketahui nama sebelumnya dari stadion ini adalah Bersih Manusia Wibawa (BMW). Stadion ini berlokasi di Kelurahan Papanggo, Kec Tanjung Priuk, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia.

Proyek ini dibangun pada tahun 2008 saat masa pemerintahan Fauzi Bowo, dalam pembangunannya tercatat empat Gubernur memiliki peran dalam pembangunan stadion ini.

Lahan yang sekarang ini menjadi JIS awalnya merupakan kawasan taman. Dulu lahan ini dikenal dengan Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW) yang memiliki total luas kawasan 66,6 Hektare. Kawasan ini adalah aset milik Provinsi DKI Jakarta yang berasal dari Hutang Penyediaan fasilitas sosial dan fasilitas umum dari 7 perusahaan swasta.

JIS resmi dibuka pada 24 Juli 2022, atau sekitar 15 Bulan yang lalu. Dalam pembangunan JIS memakan biaya yang tidak tanggung, proyek ini memakan biaya hingga Rp. 4,08 Triliun.

3. Stadion Si Jalak Harupat

Si Jalak Harupat merupakan salah satu Stadion yang digunakan untuk melaksanakan pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Stadion ini berlokasi di Kabupaten
Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Nama stadion tersebut diambil dari nama julukan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Bojongsari, Bandung, Yaitu Otto Iskandardinata. Saat ini stadion tersebut menjadi milik Pemerintah Kabupaten Bandung.

Diresmikan pada 26 April 2005 dan direnovasi kembali pada 2023 Stadion ini mengabiskan dana Rp. 67,5 Miliar. Stadion ini mampu menampung hingga 27 rb penonton.

4. Stadion Manahan

Manahan adalah Stadion pertama yang menjadi tuan rumah Event Asean Paragames pada 2011. Stadion ini awal diresmikan pada 21 Februari 1998 oleh Presiden kedua Indonesia yaitu Bapak Soeharto.

Pada 2008 September, Stadion ini ditutup dan dilakukan renovasi drainase lapangan. Dalam renovasi tersebut stadion ini menghabiskan 1,6 miliar rupiah, hal tersebut dilakukan agar stadion tersebut tidak lagi menjadi stadion yang dikenal sebagai langganan banjir.

BACA JUGA : Mahfud Kembali Bangga Dengan MK Karena Putusan MKMK