Mon. Apr 15th, 2024
Cara Membedakan Produk Sunscreen Dengan Kandungan SPF PalsuCara Membedakan Produk Sunscreen Dengan Kandungan SPF Palsu

Cara Membedakan Produk Sunscreen Dengan Kandungan SPF Palsu. Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang kandungan SPF palsu yang terdapat dalam produk sunscreen. Hal ini bermula dari unggahan yang salah satu akun Tik Tok yaitu @cicikoko_review. Dimana dalam video tersebut mereka menguji banyak sunscreen. Dan hal yang mengejutkan ialah bahwa dari sunscreen yang sudah mereka uji banyak ditemukan Sunscreen dengan SPF palsu.

Hal tersebut membuat warganet terkejut ,pasalnya dalam uji coba tersebut terdapat produk sunscreen yang bertuliskan SPF 50 padahal hanya 2. Tidak sampai disitu yang lebih mengejutkan nya ialah produk tersebut sudah memiliki banyak pengguna nya.

Oleh sebab itu warganet terutama beauty lovers mulai mempertanyakan produk sunscreen yang mereka gunakan. Nah dalam artikel kali ini mimin akan membahas. Bagaimana sih tips membedakan produk sunscreen dengan spf palsu melalui uji In Vitro dan In Vivo. Dilansir dari femaledaily.com ini dia tips uji coba yang dapat kita gunakan.

Baca Juga : Heboh!! Dakwaan JPU Kepada Ammar Zoni Terkait Kasus Narkoba

Cara Membedakan Produk Sunscreen Dengan SPF Palsu Menggunakan Uji Coba In Vitro dan In Vivo

Apa Sih yang Dimaksud Uji Coba In Vitro?

Uji in vitro merupakan pengujian yang dilakukan dalam lingkungan terkendali. Misalnya pada sebuah tabung, labu, wadah berbahan kaca, dll yang ada di laboratorium. Nah, pengujian yang satu ini nggak melibatkan makhluk hidup dalam prosesnya.

Jadi, ada 2 tipe pengukuran nilai SPF pada sunscreen secara in vitro. Pertama, ada pengukuran yang dilakukan. Dengan cara mengukur serapan atau transmisi radiasi UV melalui produk sunscreen pada sebuah plat kuarsa atau biomembran. Selain itu, ada juga pengujian dengan menentukan karakteristik terapan sunscreen melalui analisis secara spektrofotometri. Dari larutan hasil pengenceran dari sunscreen yang diuji.

Nah,Kemudian Bagaimana Sih Cara Kerja uji In Vivo?

Biasanya, uji in vivo dilakukan dengan mengaplikasikan produk sunscreen pada kulit makhluk hidup. Kemudian akan dites seberapa kuat sunscreen tersebut bisa melindungi kulit yang terpapar sinar UV.

Dari situlah bisa ditarik kesimpulan apakah sebuah sunscreen sudah sesuai dengan klaimnya. Mulai dari tingkat SPF hingga PA yang tertera pada produk.

Banyak Orang-Orang Bertanya Mengapa Sih Perlu Dilakukan Uji Coba tersebut Terhadap Produk Sunscreen?

Perlu dilakukan nya uji coba tersebut adalah karena untuk memastikan. Apakah benar klaim suatu produK sunscreen tentang SPF yang terkandung dalam produk-nya.

Wah ternyata sepenting itu ya melakukan uji coba sebelum mengeluarkan produk. Dengan adanya artikel mimin harap para beauty lovers mampu lebih berhati-hati nih dalam memilih produk skincare. Dan mimin harap beauty lovers juga harap lebih berhati hati dalam penggunaan skincare.