Mon. Mar 4th, 2024
Mengenal Mambosuri, Saat 7 bulanan Jessica MilaMengenal Mambosuri, Saat 7 bulanan Jessica Mila

Medan, Sumatera Utara Mengenal mambosuri atau tradisi adat batak saat 7 bulanan. Mengenal mambosuri, dan baru-baru ini Jessica Mila dan Yakup Hasibuan menggelar mambosuri atau acara 7 bulanan dalam adat Batak. Dan apa makna tradisi mambosuri dan bagaimana tata caranya? Simak penjelasan berikut hingga akhir ya guys.

Mambosuri dalam adat batak, mambosuri artinya memberi kenyang, istilah itu terbentuk dari konfliks /mam-i/ dan bentuk dasar bosur yaitu kenyang. Dan makna dari mambosuri sebenarnya adalah acara memberi makan oleh orangtua istri kepada putri yang sedang mengandung anak pertama berumur 7 bulana. namaun upacara tersebut berkaitan erat dengan kearifan lokal sejak lama.

Setelah usai orangtua calon ibu mengetahui anak perempuannya mereka hamil 7 bulan, kabar berita itu dibagikan oleh kerabat. Dan pada tanggal yang ditentukan, lalau mereka datang ke kediaman menantu laki-laki sebagai bentuk kepedulian.

Parboru atau pihak perempuan membawa makanan tardisonal berupa dengke simudur-mudur yaitu ikan mas yang dimasak dengan bumbu kahs Batak. Dan hidangan ini harus di santap oleh calon ibu dengan disuapi ibunya.

Kemudian selain makanan utama, orang tua pihak istri juga menyediakan makanan kesukaan anak perempuan mereka. Jika si calon ibu sudah kenyang, mereka yang hadir baru boleh mencicipi makanan yang disajikan. Seterkah makan bersama selesai, tiba waktunya keluarga parboru menyemangati anak perempuan mereka dan memberikan pesan-pesan tentang proses persalinan. Tradisi di lanjutkan dengan pem,berian ulos ( kain tradisional batak ) yang disebut ulos mangiring disematkan di bahu anak perempuan dan menantu. Dan hal ini penting untuk membekali calon ibu dengan pengetahuan merawat anak.

BACA JUGA : Anak Aktris Tamara Tyasmara Meninggal Dunia

Dan selanjutnya, tulang ( sebutan untuk saudara anaka laik-laki ibu ) untuk berkesempatan memberi makan kedua calon orangtua dengan menyuapi mereka secara simbolis. karena sebab, ada anggapan bahwa tulang adalah Debata na tarida ( Tuhan yang dapat dilihat ).

Setelah acara selesai, giliran calon ayah yang menyampaikan demban salpu mangan ( sirih setelah selesai makan ), kepada orangtua dengan berkata. semoga semua berjalan dengan baik, anak yang lahir beserta ibunya sehat-sehat dan dilindungi Tuhan.

Dan demikian penjelasan tentang mambosuri dalam adat batak, tradisi saat usia 7 bulanan Jesssica Mila. Semoga menambah wawasan untuk kalian semua.