Mon. Jul 22nd, 2024
Video Ayam Hutan Viral, Saat Tuntun Pendaki Gunung AndongVideo Ayam Hutan Viral, Saat Tuntun Pendaki Gunung Andong

Megelang, Video Ayam Hutan Viral, Saat Tuntun Pendaki Gunung Andong. Yang dinarasikan tengah menunjukkan jalan bagi para pendaki gunung. Video Ayam Hutan tersebut, telah beredar di media sosial. Marmin Udin mengatakan, perilaku ayam hutan dalam video yang viral hanya sebuah kebutulan.

“Setiap hari ada ( ayam ayam hutan ), tapi yang di video, mungkin kebetulan orangnya tersesat dan bisa menunjukkan jalannya. Mungkin karena di setiap gunung mungkin ada yang mistis, tapi ayamnya tidak. Nggak dianggap menyebalkan atau sial ya,” Ungkap Masrmin pada Kamis 13 Juni 2024.

BACA JUGA : Dengan Bahan Alami Wajah Kamu Bisa Jadi Glowing

“ Dan baru kali ini, ada seekor ayam yang memandu jalan. Cerita dari para pendaki menceritakan kepada kami, ( pengelola ) bahwa ketika mereka hampir tersesat ( hanya lewat ) ada seekor ayam di depan mereka. Ayam tersebut, mendapat mendekat ( menunjukkan jalan ). Biasanya ayam itu melihat seseorang yang berjarak 10 meter dan sudah menangis ( terbang ). Karena ayam giling tidak jinak (jinak) seperti ayam kampung,” Ungkapnya.

Pada saat itu, Salah satu pendaki, Neni Herlina mengaku sudah belasan kali mendaki Gunung Andong dan pernah diantar oleh burung merak. Saat itu, ia mendaki bersama dua temannya dari Basecamp Pendem.

Lalu kami menyapa ayam itu, ‘Hei ayam, ayo temani kami’. Tapi, kami tidak sempat mengambil foto. Saya lihat, dia tidak turun ke jalan seperti di video. Tapi, ayamnya sedang berjalan di atas ( posisi hutan lebih tinggi ), saya bersama “teman ( berjalan ) di bawah. Ayamnya di posisi pertama ( depan ) terus, tapi bukan di jalan, tapi di pinggir jalan pinus,” kata Neni.

Untuk sementara itu, Kepala Balai Hutan Pemangkuan Pagergunung BKPH Ambarawa KPH Kedu Utara. Muhlisin mengatakan, ayam hutan masih ada dan sering berkeliaran di kawasan hutan Gunung Andong. “Selain ayam hutan, masih ada juga kera, alap-alap (burung), dan burung kutilang yang masih bisa dilihat,” kata Muhlisin.