Mon. Apr 15th, 2024
Viral Kapal pesiar Bersandar Di Pulau KomodoViral Kapal pesiar Bersandar Di Pulau Komodo

Jakarta, Viral Kapal pesiar Bersandar Di Pulau Komodo, BTNK : Tidak Punya Kewenangan Mengatur. Viral Kapal pesiar Bersandar Di Pulau Komodo, Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia ( Astindo ) Managgarai Barat, Ignasius Suradi. Dan menyoroti kapal pesiar, yang langsung bersandar di Pulau Komodo maupun tempat lainnya di kawasan Taman Nasional Komodo. Namun hal tersebut, bisa berdampak rusaknya biota laut di kawasan Taman Nasional Komodo.

BACA JUGA : Kementrian PANRB Menggelar Peluang PNS Jadi Staf Ahli Menteri

Dan serta tidak memberikan, dampak ekonomi bagi pengelola kapal wisata. Dan Kepala Balai Taman Nasional Komodo ( BTNK ), Hendrikus Rani Siga mengatakan bahaa mereka tidak memiliki wewenang menagatur lalu lintas. Juga untuk mengatur transportasi laut termasuk berlabuhnya kapala cruise, Ungkap Hendrikus pada Rabu 20 Maret 2024. Untuk terkait masalah tersebut, potensi kerusakan terumbu karang di perairan Taman Nasional Komodo. Oleh karena itu kapal pesiar, Hendrikus memastikan alur pelayaran ke Taman Nasional Komodo, memungkinkan untuk di lintasi kapal pesiar.

Akan tetapi berdasarkan alur pelayaran laut, bahwa di Loh Liang TNK ( Taman Nasional Komodo ) dan ini merupakan wilayah perairan yang memungkinkan untuk lintasan kapal cruise. Dan Hendrikus tak menanggapi, kehilangan efek domino ekonomi bagai masyarakat lokal. Akibat kapal pesiar,tak bersandar di Pelabuhan Marina Labuan Bajo, namun bukan di Pulau Komodo. Untuk tujuannya agar, kelestaraian biota bawah laut Taman Nasional Komodo terjaga. Dengan itu juga memberikan efek domino ekonomi bagai warga lokal, Ungkap Ignas di Labuhan Bajo, Rabu.

Dan Owner Komodo Fantastico Tour,dan Bajo Transport di Labuan Bajo.Dengan itu menjelasakan kapal pesiar yang berbadan lebar tersebut, bisa merusak linkungan perairan Taman Nasional Komodo. Seperti karang, Kapal pesiar bisa juga menggangu Biota laut, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan