Sat. May 25th, 2024
wajah bruntusanwajah bruntusan

5 Masker Alami untuk Menghilangkan Bruntusan pada Wajah. Bruntusan adalah bintik-bintik yang menonjol di permukaan kulit sehingga membuat tekstur kulit tidak merata. Tak perlu khawatir, sekarang kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan masker dari bahan alami yang ada dirumah kamu.

Tak hanya menghilangkan bruntusan, masker yang terbuat dari bahan alami juga baik untuk kesehatan kulit wajah kamu.

Baca juga : Jangan Sembarangan ! Cek Ini Dulu Sebelum Beli Skincare !

Kamu juga bisa membuat masker sendiri dirumah dengan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan dirumah.

Penggunaan masker alami juga cukup aman dan dapat terhindar dari efek samping yang dapat merusak kulit kamu.

Berikut sejumlah masker alami yang bisa kamu buat untuk menghilangkan bruntusan pada wajah yang di lansir dari Healthline.

1. Cuka Apel

Cuka apel mampu melawan jenis bakteri dan jamur. Karena cuka apel ini mengandung asam organik seperti asam sitrat.

Asam sitrat dikenal dapat membunuh bakteri yang menimbulkan jerawat. Selain itu, cuka apel juga bisa mengobati jerawat dan bruntusan.

Kamu bisa menjadikan cuka apel sebagai bahan alami masker, cukup dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Lalu aplikasikan pada kulit wajah. Lakukanlah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang dikenal sebagai tanaman sejuta manfaat. Salah satunya adalah mampu menghilangkan bruntusan pada wajah. Cara membuat masker lidah buaya sendiri cukup mudah.

Ambil gel lidah buaya menggunakan sendok makan kemudian oleskan gel langsung ke kulit wajah. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

3. Tomat

Salah satu bahan dapur yang bisa menghilangkan bruntusan adalah Tomat. Tomat dapat digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Jenis Sayuran yang satu ini mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk kecantikan kulit.

Kamu dapat mengaplikasikan tomat yang sudah dihaluskan atau diiris pada wajah yang mengalami beruntusan. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Lemon

Lemon juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki sejuta manfaat. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam Lemon baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Salah satunya dapat menghilangkan bruntusan di wajah.

Cara membuat masker dari lemon cukuplah mudah. Campurkan air perasan lemon dengan putih telur. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-30 menit hingga mengering. Setelah kering, bilas wajah hingga bersih.

5. Madu dan Kayu Manis

Kombinasi madu dan kayu manis ternyata juga dapat dijadikan masker sebagai bahan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Madu yang memiliki sifat anti-inflamasi dan Kayu manis yang diyakini mampu menghilangkan jerawatan atau bruntusan.

Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis bubuk lalu aduk merata hingga seperti pasta.

Kemudian aplikasikan masker pada wajah selama 15-20 menit atau hingga benar-benar mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih dan tepuk-tepuk menggunakan handuk hingga mengering.

Itulah beberapa cara membuat masker dengan bahan alami untuk menghilangkan bruntusan yang ada di dapur kamu, semoga bermanfaat.