Sun. Jul 21st, 2024
Beredar Kimia Farma Mau Tutup 5 Pabrik, Dari Total 10 PabrikBeredar Kimia Farma Mau Tutup 5 Pabrik, Dari Total 10 Pabrik

Jakarta, Beredar Kimia Farma Mau Tutup 5 Pabrik, dari total 10 pabrik yang telah beroperasi. Beredar Kimia Farma, berencana menutup pabriknya, Direktur Produksi, dan Rantai Pasokan Hadi Kardoko. Mengatakan pihaknya berkomitmen, memperhatikan hak-hak pekerja jika berdampak pada pemutusan hubungan kerja ( PHK ) pekerja.

BACA JUGA : Penemuan Tengkorak Manusia Di Kebun Kosong

“Tentunya kami sangat memperhatikan, apakah akan berdampak pada rasionalisasi pegawai. Sehingga hak-hak pegawai tetap kami perhatikan, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Itu komitmen kami bila hal ini terjadi,” kata Hadi dalam Rapat Umum Pemegang Saham. . Saham Tahunan ( RUPST ), Jakarta, Selasa pada tanggal 25 Juni 2024.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menghitung berapa jumlah karyawan yang terkena dampak rasionalisasi pabrik. Ia pun menjamin akan menangani karyawan yang terkena PHK sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Dan tentunya bagi karyawan, kami sedang menghitung dampaknya jika hal ini terjadi, tentunya akan terus kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Hadi.

Ia juga menjelaskan, langkah ini diambil karena pihaknya menghadapi tiga tantangan seperti reorientasi bisnis, restrukturisasi keuangan, dan efisiensi. Di sisi lain, tujuan utamanya adalah meningkatkan utilisasi pabrik dan sarana produksi agar lebih optimal. Maka hal ini dapat mengurangi pembengkakan biaya operasional.

“Dengan begitu kita berharap sekarang kalau kemarin eksposur 3 shift kita kurang dari 40%, nanti dengan melakukan pengaturan ini kita akan meningkatkan utilisasi kita, tentunya di atas 40% dan juga akan ada efisiensi proses yang lebih baik. , ” Ungkapnya.