Sat. Jun 15th, 2024
Direktur UNVR Mundur Setelah Presiden Direktur ResignDirektur UNVR Mundur Setelah Presiden Direktur Resign

JAKARTA – Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) sebelumnya diketahui telah resign dari jabatannya. Dikabarkan juga bahwa baru-baru ini ada juga Dua direktur dari PT Unilever Indonesia Tbk. mengajukan pengunduran diri dari jabatannya pada bulan November ini. Noviarti Presiden Direktur UNVR Ira melepas kursi kepemimpinannya pada bulan Oktober yang lalu.

Direktur UNVR Mundur

Direktur dan Sekretaris Unilever Indonesia Nurdiana Darus mengatakan bahwa pada 23/11/2023, Dua Direktur yang melakukan pengunduran diri dari jabatannya yaitu Shiv Sahgal dan Sandeep Kohli. Dinyatakan bahwa keduanya beralasan karena alasan pribadi, yang akan berlaku efektif sejak disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Pengunduran diri tersebut akan diminta persetujuannya pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang direncanakan akan berlangsung pada 19 Desember 2023,” ucap Nurdiana pada Jumat (24/11/2023). Sebagai informasi, pengumuman pengunduran diri kedua direktur Shiv Sahgal dan Sandeep Kohli hanya berselang sebulan setelah pengumuman resign Ira Noviarti.

Diketahui sebelumnya Ira juga menggunakan alasan pribadi saat resign. Ira diangkat sebagai presiden direktur UNVR melalui RUPS Luar Biasa mulai yang digelar pada 25 November 2020. Dan berjalan efektif pada 1 Desember 2020 lalu. Para pemegang saham mayoritas UNVR telah memiliki rencana untuk mengusulkan Benjie Yap sebagai pengganti posisi Ira Noviarti. Benjie Yap merupakan salah satu petinggi Unilever Filipina yang sudah bekerja untuk Unilever selama dua dekade lebih hingga saat ini.

Pihak manajemen juga memastikan tidak ada dampak yang signifikan terhadap kegiatan operasional. Termasuk juga hukum, serta kondisi keuangan, ataupun kelangsungan usaha perseroan akibat pengunduran diri dari direktur.

Disamping itu, UNVR juga telah berencana akan membagikan dividen interim senilai Rp63 per saham atau jika dihitung secara total keseluruhan Rp2,40 triliun pada Desember 2023. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya Dividen interim tersebut turun pada tahun ini.

Dalam pengumuman Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Track all markets on TradingView, Unilever Indonesia berencana akan membagikan dividen interim Rp63 per saham. Sebagai pembanding tahun sebelumnya, UNVR membagikan dividen interim sebesar Rp69 per saham atau keseluruhan total sebesar Rp2,63 triliun. Namun pihak UNVR tetap memiliki komiitmen akan membagikan dividen sekalipun perseroan mengalami tekanan pada laba serta penjualan pada kuartal III/2023 tahun ini.

Penjualan UNVR Menurun

Berdasarkan laporan keuangan yang diterima pertanggal 30 September 2023, Unilever telah mengantongi laba bersih sebesar Rp4,18 triliun. Jika dibandingkan dengan Januari–September 2022 Pencapaian tersebut dinilai turun 9,16 persen. Pada periode Januari–September 2022 mencapai Rp4,61 triliun.

Penurunan laba ini dipicu dari penurunan penjualan bersih sepanjang periode Januari hingga September 2023. Selama periode ini, UNVR mengakumulasi penjualan bersih lebih rendah 3,28 persen atau sebesar Rp30,50 triliun dari pada kurun yang sama pada 2022 UNVR berhasil mendapatkan sebesar Rp31,53 triliun.

Jika dijelaskan secara rinci, turunnya penjualan perseroan terjadi di seluruh segmen pada UNVR. Misalnya pada segmen home care, pada segmen ini melemah 4,39% year-on-year (YoY) menjadi Rp19,92 triliun. Adapun segmen makanan dan minuman turun 1,11% YoY yang hanya meraih penjualan Rp10,58 triliun. Meskipun pihaknya masih bergulat dengan penurunan laba serta penjualan, kinerja UNVR sejatinya telah menunjukkan perbaikan yang lebih baik jika dibandingkan semester I/2023.

Pada periode ini, laba UNVR tergerus hingga 19,6% sementara penjualan bersih turun sampai 5,5%. Dan apabila jika dikomparasikan secara kuartalan, kinerja dari UNVR telah menunjukkan pemulihan. Selama periode berjalan Juli-September 2023 ini, penjualan bersih sudah mencapai Rp10,2 triliun. Hal ini dengan pertumbuhan penjualan domestik 3,3% quarter-on-quarter (QoQ) dan juga volume domestik telah naik sebesar 4,3% QoQ.

BACA JUGA : Jessica Iskandar Ikut Jemput Christoper, Balikin Uang Saya !!!