Tue. Feb 27th, 2024
Prabowo Subianto Mentan RI Dapat Penghargaan Dari SingapuraPrabowo Subianto Mentan RI Dapat Penghargaan Dari Singapura

JAKARTA – Prabowo Subianto telah menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera). Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Negara Republik Indonesia (MentanRI). Penghargaan tersebut diterima dari Pemerintah Singapura pada hari Selasa, tanggal 21 November 2023.

Penghargaan Kepada Prabowo Subianto

Tentera biasanya diberikan kepada anggota Angkatan Bersenjata Singapura. Namun tidak hanya itu penghargaan tersebut juga diberikan kepada anggota militer sekutu atas jasa atau prestasi luar biasa dalam posisi komando atau staf senior.

“Yang Mulia Prabowo Subianto juga sudah memberikan arahan kolaborasi yang lebih erat antara kedua lembaga pertahanan. Hal ini sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, meskipun sedang dalam pandemi COVID-19,” pada keterangan tertulis dari Istana Kepresidenan Singapura.

Prabowo tiba di Istana Kepresidenan Singapura pada hari Selasa, sekitar pukul 12:30 waktu setempat. Kedatangan Prabowo langsung disambut oleh Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan dari singapura. Prabowo juga disambut dengan upacara jajar kehormatan.

Selanjutnya, dijelaskan dalam keterangan tertulis yang sama. Istana Kepresidenan Singapura juga mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan Indonesia. Perjanjian Kerja Sama Pertahanan antara kedua negara telah diresmikan.

“Hal tersebut merupakan suatu tonggak yang penting didalam hubungan pertahanan bilateral Negara.”

Selain dari memperkuat hubungan pertahanan strategis antar kedua negara. Perjanjian Kerja Sama Pertahanan juga akan memungkinkan kerja sama serta interaksi yang lebih erat antara TNI dan angkatan bersenjata Singapura.

Kerja Sama Pertahanan Kedua Negara

Lembaga Pertahanan dari kedua negara ini telah melakukan kerja sama yang erat dalam upaya multilateral. Hal ini dipelopori oleh satu sama lain.

“TNI dan Angkatan Bersenjata dari Singapura telah melaksanakan latihan utama. Seperti Latihan Safkar Indopura, Manyar Indopura, Latihan Gabungan Minex Pandu, Super Garuda Shield, dan Camar Indopura. Keduanya juga telah melakukan interaksi secara teratur melalui kunjungan pada tingkat tinggi, Pertukaran profesional serta kehadiran bersama dalam kursus pada semua Angkatan dan di semua tingkatan,” Ucap Istana Kepresidenan Singapura.

Istana Kepresidenan Singapura juga menilai bahwa kondisi kerja sama dari kedua negara ini sangat baik. Tidak hanya itu juga pihaknya menilai kerja sama ini memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan kerja sama pada bidang-bidang baru dengan tujuan untuk kepentingan bersama. Hal ini juga akan ditegaskan dalam Pembaruan Bersama tentang kerja sama Pertahanan.

BACA JUGA : Direktur UNVR Mundur Setelah Presiden Direktur Resign