Sun. Apr 14th, 2024
lidah buaya untuk kecantikanlidah buaya untuk kecantikan

Fakta menarik tentang Lidah Buaya untuk kecantikan wajah dan kulit tubuh yang wajib kamu ketahui. Tanaman yang dikenal juga dengan nama Aloe vera ini memiliki sejuta manfaat yang belum diketahui banyak orang.

Dilansir dari wikipedia.com Khasiat lidah buaya telah di kenal sejak ribuan tahun lalu yang dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit kepala, nyeri dada, luka bakar dan penyakit kulit. Seiring perkembangan Zaman, lidah buaya semakin di percaya sebagai tanaman yang bisa digunakan sebagai perawatan kulit dan rambut atau biasa kita sebut dengan Skincare.

yuk simak beberapa fakta dan manfaat Lidah Buaya dibawah ini :

1. RAHASIA PERAWATAN WAJAH CLEOPATRA

Khasiat Lidah buaya sudah di temukan 6000 tahun lalu, pada jaman Mesir Kuno. Efek anti radang dan menenangkannya ada pada papyrus Eber pada tahun 1550 sebelum masehi. Disebut juga dengan ”tanaman keabadian” berkat kandunganya yang mencegah bakteri dan jamur, lidah buaya memiliki banyak penggemar, salah satunya adalah ratu Mesir yaitu Cleopatra yang menggunakan tanaman keabadian ini sebagai perawatan tubuh dan wajahnya sehari-hari.

2. MENGURANGI PERADANGAN JERAWAT

Lidah buaya bersifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Selain itu, kandungan asam salisilat di dalam tanaman efektif membunuh bakteri penyebab peradangan jerawat. Lidah buaya juga dapat membantu mencegah munculnya bekas jerawat.

3. MEMPERLAMBAT PROSES PENUAAN DINI

Kandungan antioksidan didalamnya membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan Vitamin C, Vitamin E, dan beta karoten dapat mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga terlihat awet muda.

4. MELEMBABKAN KULIT

Kandungan mineral, enzim, antioksidan, dan vitamin A, C, serta E dalam lidah buaya mampu mengatasi minyak berlebih serta melembabkan wajah secara alami karena lidah buaya mengandung 98% air. Dengan kandungan sebanyak itu, lidah buaya dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melembabkan kulit dan mengilangkan sel kulit mati.

5. MENCERAHKAN WAJAH

Manfaat selanjutnya selain melembabkan ternyata lidah buaya bisa mencerahkan wajah loh girls. Siapasih yang mau punya kulit kusam? beberapa faktor yang menyebabkan kulit kusam dipicu oleh genetika, stres, atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Kandungan berbagai vitamin dan mineral di dalam lidah buaya bekerja dengan menyeimbangkan pH kulit dan menurunkan pigmentasinya. Tanaman ini juga menjadi pengelupas alami untuk mengangkat sel kulit mati.

6. MENYEMBUHKAN LUKA BAKAR

Jika mengalami luka bakar akibat prosedur medis seperti laser, kamu bisa menyembuhkannya menggunakan gel lidah buaya. Getahnya bekerja sebagai salep alami yang efektif menenangkan kulit. Kandungan tinggi antioksidan, kalsium, dan sifat pelembab alami efektif membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari berbagai kerusahakan. Lidah buaya dapat mengurangi luka bakar dalam waktu 9 hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional, selain mempercepat proses penyembuhan, penggunaannya juga dapat membantu mencegah kemerahan, gatal, dan infeksi.

Cukup banyak manfaat nya kan girls? Namun Lidah buaya juga punya efek samping loh bagi sebagian orang, seperti reaksi alergi, iritasi kulit, dan sensitif sinar matahari.

Namun, perhatikan beberapa hal sebelum menggunakan lidah buaya seperti perhatikan kualitas lidah buaya apakah masih segar atau sudah layu, lalu bisa lakukan tes pada kulit dibagian belakang telinga, jika muncul reaksi alergi segera hentikan penggunaan.