Sat. May 25th, 2024
GMAIL AKAN DIHAPUS OLEH GOOGLE ? INI PENJELASANNYAGMAIL AKAN DIHAPUS OLEH GOOGLE ? INI PENJELASANNYA

JAKARTA, INDONESIAGmail dikabarkan akan dihapuskan oleh Google pada akhir 2023. Pihak Google akan menghapus akun Gmail dan youtube yang sudah tidak aktif lagi mulai desember 2023.

Perusahan besar teknologi asal Amerika tersebut mengeluarkan kebijakan penghapusan data akun pengguna jika sudah tidak ada login selama 2 tahun terakhir di semua platform miliknya. Hal tersebut termasuk juga Gmail dan Youtube.

Cara Mengatasi Agar Akun Gmail Tidak Dihapus Google

Namun kebijakan ini akan diterapkan mulai dari 1 Desember mendatang. Dan oleh karena itu mulai dari sekarang para pengguna perlu melakukan aktivitas agar akunnya tidak dihapus oleh pihak google.

Jadi, Walaupun akan ada kebijakan penghapusan akun oleh pihak Google. Mamun tidak perlu khawatir, jika akun yang digunakan masih aktif dalam 2 tahun terakhir maka tidak akan dihapus oleh pihak Google.

“Akun yang dimaksud dengan tidak aktif adalah akun yang sama sekali tidak pernah digunakan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Google memiliki hak untuk menghapus Akun Google yang sudah tidak aktif dan tidak ada aktifitas dan selama 2 tahun terakhir” tulis dalam postingan blog Google.

Google juga memiliki hak menghapus data di dalam produknya jika anda tidak aktif di produk tersebut dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Hal ini juga telah ditentukan berdasarkan kebijakan masing masing produk,”
lanjut Google.

Akun Tidak Aktif Menurut Versi Google

Namun menurut goggle seperti apa yang dinyatakan akun tidak aktif?, berikut penjelasannya.

  • Membaca atau mengirimkan Email
  • Aktivitas menggunakan Google Drive
  • Tidak Menonton Video.
  • Berbagi Foto
  • Mengunduh Aplikasi
  • Login akses google dalam suatu layanan.
  • Menggunakan Google Search

Dan yang dimaksudkan adalah aktifitas dari akun google, bukan dari perangkat. Jadi walaupun anda tidak melakukan aktifitas pada perangkat sendiri namun akun misalnya digunakan pada komputer, maka akun tersebut sudah termasuk aktif.

Selanjutnya, salah satu kreator Youtube Rene Ritchie berpendapat jika kebijakan ini tidak akan penghapusan akun yang pernah mengunggah video youtube. Hal ini terkait kekhawatiran sejumlah orang tentang kemungkinan potensi penghapusan video di akun youtube milik kreator yang sudah meninggal.

Google juga akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna sebelum melakukan tindakan penghapusan akun google. Pesan dikirimkan baik dari email pengguna ataupun email recovery yang ditautkan pengguna.

BACA JUGA : Aksi Damai Ampera PS, 20 Peserta Ditangkap Polres Merauke