Sun. Jun 16th, 2024
Gunung Ibu Meletus Lagi, Semburan Abu Vulkanik Capai 4.000 MeterGunung Ibu Meletus Lagi, Semburan Abu Vulkanik Capai 4.000 Meter

Gunung Ibu, Meletus Lagi di Maluku Utara, kembali lagi mengalami erupsi besar pada Jumat pagi pada pukul 08:00 WIT, tanggal 17 mei 2024. Usai gunung itu statusnya naik menjadi awas ( Level 4 ). Dan laporan pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, ( PVMBG ), yang telah diterima di jakarta. Dalam hal ini, menyebutkan tinggi kolom letusan, Gunung ibu kali ini teramati mencapai 4.000 meter diatas puncak, atau sekitar 5.325 meter diatas permukaan laut.

BACA JUGA : Akibat Ledakan Kebocoran Gas Elpiji, Hancurkan Rumah

Masyarakat dan wisatawan, di sekitar Gunung Ibu dilarang melakukan aktivitas dalam radius 4 km. Dan perluasan sektoral 7 km ke arah bukaan kawah di bagian utara kawah aktif Gunung Ibu. Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah diimbau menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan pelindung mata (kacamata).

Semua pihak harus menjaga, suasana kondusif di masyarakat. Tidak menyebarkan narasi palsu (hoax), vcvan tidak terprovokasi oleh isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harus selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah. Sepanjang tahun 2024, Gunung Ibu tercatat telah meletus sebanyak 89 kali. Hingga hari ini, Jumat, 17 April pukul 06.25, Gunung Ibu berstatus waspada (Level IV), masyarakat diimbau waspada.

Gunung Ibu merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Halmahera dengan ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut. Gunung tersebut terletak di Kabupaten Halmahera Barat dan merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Meski demikian, Gunung Ibu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang mencari pengalaman pendakian yang menantang dan keindahan alam yang spektakuler.