Mon. Feb 26th, 2024
Heboh Museum Nasional Kebakaran, Benda-Benda Bersejarah Menjadi PrioritasHeboh Museum Nasional Kebakaran, Benda-Benda Bersejarah Menjadi Prioritas

Heboh Museum Nasional Kebakaran, Benda-Benda Bersejarah Menjadi Prioritas. Museum Nasional Indonesia baru-baru ini dikabarkan sedang dilanda kebakaran. Hal ini terjadi dikarenakan korsleting arus listrik dari Bedeng Proyek renovasi yang apinya menjalar ke gedung museum Nasional. Mengetahui hal ini penjaga museum langsung segera memanggil pemadam kebakaran,sehingga kebakaran ini berhasil di padamkan setelah satu jam. Akibat kebakaran ini menghanguskan Gedung A museum. Dan juga menghanguskan sebuah bedeng pekerja di Museum tersebut.

Akibat peristiwa ini juga untuk sementara waktu Museum Nasional ditutup sementara dari pengunjung. Tidak hanya itu melalui peristwa ini juga banyak kerugian yang dirasakan salah satunya ialah kehilangan benda-benda bersejarah yang ada di Museum Nasional tersebut.

Terlpeas dari itu semua sampai saat ini masih belum terdengar kapan Museum Nasional ini akan dibuka kembali untuk umum. Nadiem Makarim selaku menteri pendidikan dan kebudayaan dalam wawancaranya mengatakan bahwa saat ini yang menjadi prioritas ialah menyelamatkan barang bersejarah.

Baca Juga : Celine Evangelista Merasa Menyesal Setelah Dua Kali Bercerai

Untuk proses evakuasi tersebut juga sudah dibentuk tim yang berisikan pekerja maupun pakar museum dan pihak kepolisian yang akan membantu evakuasi. Tim yang sudah didirikan ini juga akan bekerjasama untuk mengidentifikasi terkait kerusakan pada museum tersebut.

Museum Nasional Kebakaran Koleksi Artefak dan Benda-Benda Bersejarah Menjadi Sorotan


Terkait peristiwa ini sangat memprihatinkan dan menjadi sorotan Publik. Banyak masyarakat yang bertanya-tanya dengan nasib Benda-benda bersejarah yang ada dalam museum tersebut. Berdasarkan situs resminya diketahui sampai saat ini terdapat lbih dari 190 ribu benda bersejarah yang berada pada museum tersebut.

Benda bersejarah yang disimpan seperti benda pada masa sejarah, arkeologi dan masa klasik sampai saat ini tidak diketahui pasti kabarnya. Bahkan benda sejarah dari masa klasik dan Hindu-Buddha juga masih belum bisa dikonfirmasi mengenai keberadaannya. Dikabarkan sampai saat ini benda-benda tersebut masih menjadi prioritas pertama bagi tim yang akan mengidentifikasinya.

Mengutip dari CNN Indonesia dalam museum tersebut juga terdapat Kendi Bulan Sabit yang berasal dari abad ke 17. Tidak hanya itu bahkan Koleksi prasejarah juga masih banyak menyimpan ornamen-ornamen bersejarah seperti kalung manik-manik,kapak,gelang maupun lukisan batu.