Mon. Jul 15th, 2024
akibat kucir rambutakibat kucir rambut

Hindari mengikat Rambut Setiap Hari, Jika Tidak Mau Hal Ini Terjadi. Rambut merupakan mahkotanya setiap kaum wanita. Dari model rambut pula seseorang wanita bisa terlihat sempurna dalam hal penampilan. Untuk menunjang kecantikan diri, banyak wanita yang mengedepankan penataan rambut. Mulai dari memotong, mengecat rambut, sampai juga style kucir rambut.

Baca juga : Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Khusus membahas kucir rambut, banyak wnaita yang terus menerus mengucir rambutnya kebelakang seperti ekor kuda.

Tapi tak banyak yang tahu jika mengucir rambut setiap hari bisa sangat merugikan si pemilik rambut sendiri. Inilah beberapa akibat yang ditimbulkan dikutip dari halodoc.com bila kamu sering mengikat rambut setiap hari.

1. Sakit Kepala

Kulit kepala dan foliker rambut penuh dengan saraf menyebabkan tertariknya saraf di kulit kepala, sehingga mengaktifkan saraf sensorik yang menyebabkan sakit kepala.

Jika hal itu sudah terjadi hal yang harus kamu lakukan adalah kendurkan kuciran itu atau sisir rambut sambil memijat kulit kepala, dan sakitpun akan hilang berkisar 1 jam.

2. Kebotakan Dini

Meskipun kerontokan rambut adalah hal yang wajar, namun ada pula kerontokan yang tidak wajar. Para ahli mengatakan bahwa menata rambut dengan gaya yang sangat ketat seperti kepang, kucir kuda yang ketat, atau bahkan sambung rambut yang tebal, dapat membuat folikel rambut kecil mengalami tekanan terus-menerus.

Akibatnya, bisa terjadi yang disebut traksi alopecia. Yaitu salah satu bentuk kerontokan rambut yang dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Meskipun tidak diklasifikasikan sebagai kondisi medis, hal ini dapat menimbulkan beberapa efek psikologis yang serius.

Disarankan untuk menghindari gaya rambut yang super ketat agar mencegah penarikan dan tekanan pada folikel rambut. Kalian harus selalu membiarkan rambut tergerai saat hendak tidur dan memilih ikat rambut berbahan kain dibandingkan karet elastis saat ingin mengucir rambut.

3. Luka di Kulit Kepala

Jika melihat benjolan kecil di sekitar kuciran, mungkin gaya rambut kamu yang menjadi penyebabnya. Benjolan merah kecil itu adalah folikel rambut yang meradang yang juga dikenal sebagai folikulitis.

Pada awalnya mungkin terlihat seperti benjolan merah yang meradang atau jerawat di sekitar folikel rambut, namun bisa saja terinfeksi dan berubah menjadi luka berkerak atau kulit yang gatal dan bengkak.

Infeksi parah bahkan dapat menyebabkan rambut rontok dan jaringan parut permanen. Jadi, jika melihat benjolan ini muncul di sekitar garis rambut, artinya ikatan rambutmu terlalu kencang, perlu dikendurkan.

4. Kulit Wajah Mungkin Meregang

Menurut para ahli di Real Self, semakin menarik rambut menjadi ekor kuda yang ketat, semakin besar peluang meregangkan kulit di sekitar wajah.

Dan kulit kehilangan elastisitasnya. Meski kerusakannya minimal, para ahli mengatakan bahwa menata rambut dengan ketat dalam jangka waktu yang lama dapat meregangkan jaringan lunak wajah. Jika masih muda, kerusakannya mungkin hanya bersifat sementara. Jadi ingatlah untuk mengganti gaya rambut.

Sekali lagi yang harus diingat, jangan menata atau menguncir rambut dengan gaya rambut ketat setiap hari. Cobalah untuk melonggarkannya, mungkin akan merasa lebih baik.