Sun. Jun 16th, 2024
Inilah Penyebab Wajah Kendur Di Usia MudaInilah Penyebab Wajah Kendur Di Usia Muda

Inilah Penyebab Wajah Kendur Di Usia Muda, tak melulu akibat usia ada beberapa kondisi yang lain yang jadi pemicu yaitu pola hidup sehari-hari. Inilah penyebab wajah kendur di usia muda, Bagi wanita, menopause memicu penurunan produksi kolagen yang lebih signifikan, yakni sekitar 30 persen.

Namun, kulit wajah yang kendur juga bisa mulai terjadi pada usia 20-an, karena menurunnya produksi kolagen. Faktanya, menurut Mind Body Green, penurunan tersebut terus berlanjut dengan laju sekitar 1 persen setiap tahunnya. Beberapa faktor selain usia, juga berkontribusi terhadap kondisi kulit kendur. Lebih lanjut mengenai apa saja penyebab wajah kendur, di usia muda bisa dibaca pada ulasan berikut ini.

BACA JUGA : Ibu Muda di Tangerang Lecehkan Bayi Laki-laki 2 Tahun

  • Paparan sinar ultraviolet (UV) Kolagen dan elastin merupakan protein struktural kulit yang menjaganya tetap kencang. Jadi, ketika kedua hal tersebut terhambat maka kulit akan kendur. Dan sayangnya, radiasi ultraviolet dapat menembus epidermis dan merusak sel-sel kulit, protein, dan serat elastis yang menjaga kekencangan kulit. Hal ini secara langsung berkontribusi terhadap penuaan kulit.
  • Gaya hidup juga bisa menjadi penyebab kulit wajah kendur di usia muda, misalnya terkait rutinitas tidur, stres, konsumsi alkohol, dan kebiasaan merokok. Saat kita tidur, kulit masuk ke mode perbaikan berkat hormon melatonin.
  • Dilansir dari Healthline, kehilangan berat badan sebanyak 45 kilogram atau lebih secara signifikan juga berkontribusi terhadap kulit kendur secara signifikan. Kulit kendur juga lebih mungkin terjadi ketika penurunan berat badan terjadi dengan cepat, seperti setelah operasi bariatrik.
  • Dalam beberapa kasus, prosedur penurunan berat badan ini dapat menyebabkan kulit kendur dan kendur dalam jumlah besar di tubuh.