Mon. Jul 22nd, 2024
Ledakan Tungku Pabrik Nikel Di MorowaliLedakan Tungku Pabrik Nikel Di Morowali

TERKINI – Ledakan Tungku di pabrik pengolahan nikel PT ITSS terbakar dan menyebabkan 13 orang pekerja tewas serta puluhan lainnya mengalami luka. Kejadian ini mengguncang kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dan menjadi sorotan publik. Dedy Kurniawan, Juru Bicara PT IMIP, mengungkapkan bahwa sebagian besar korban luka mengalami luka akibat terkena uap panas. Pihak kepolisian dan otoritas terkait, termasuk Dinas Tenaga Kerja, telah melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran ini.

Keluarga Eks Ketua KPK Menjadi Korban Ledakan Tungku Pabrik Nikel

Salah satu korban yang menjadi sorotan adalah anggota keluarga mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif. Laode mengumumkan melalui akun Twitter-nya bahwa salah satu keluarganya, La Ode Abdul Mursalim, menjadi korban ledakan tersebut. Abdul, yang baru lulus kuliah, baru saja memulai pekerjaannya di tambang nikel ini. Unggahan Laode pun dibanjiri ucapan belasungkawa dari berbagai kalangan, termasuk Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada, Zainal Arifin Mochtar, dan dokter spesialis penyakit dalam hematologi onkologi, Zubairi Djoerban.

Ledakan di tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) ini menewaskan 13 orang pekerja. Termasuk 9 orang warga negara Indonesia dan 4 orang tenaga kerja asal China. PT IMIP akan menanggung biaya pemulangan korban ke negara asal mereka. Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Agus Nugroho, menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi saat tim teknis dari PT ITSS sedang memperbaiki tungku feronito di lantai dua gedung. Namun, tiba-tiba terjadi ledakan yang mengakibatkan kebakaran.

Polisi Menghentikan Operasional Smelter Nikel

Polisi telah menghentikan operasional smelter nikel di Morowali dan membentuk tim gabungan untuk menyelidiki penyebab kebakaran ini. Tim gabungan terdiri dari penyidik Polda Sulteng, Polres Morowali, tim penyidik Bareskrim Polri, tim DVI Bidang Kedokteran dan Kesehatan, serta tim Inafis dari laboratorium forensik Makasar dan Mabes Polri. Tempat kejadian perkara juga telah diamankan untuk kepentingan penyelidikan.

Kronologi Kejadian Ledakan Tungku Pabrik Nikel

Kronologi kejadian ini dimulai pada pukul 05.30 WITA, ketika tim teknis sedang melakukan perbaikan tungku feronito di lantai dua dan tiga gedung PT ITSS. Saat pembongkaran tungku dilakukan, terjadi ledakan yang disertai semburan api, sehingga terjadi kebakaran di ITSS. Meskipun sistem alarm dan tanggap darurat di kawasan PT IMIP dikatakan sangat baik, kejadian ini tetap terjadi. Polisi sedang menyelidiki penyebab pasti ledakan tungku smelter ini.

Kejadian ini mengguncang masyarakat dan menjadi perhatian serius bagi pihak terkait. Diharapkan penyelidikan yang sedang dilakukan dapat memberikan jawaban yang memuaskan dan mencegah kejadian serupa terjadi di masa depan. Keamanan dan keselamatan para pekerja harus menjadi prioritas utama di setiap industri, dan langkah-langkah pencegahan yang lebih baik harus diambil untuk mencegah kecelakaan serius seperti ini.

BACA JUGA : DEBAT CAWAPRES, Gibran Menjadi Sorotan Media Asing