Sat. May 25th, 2024
Presiden Jokowi Buka KTT AIS Forum Di Bali, Bahas KolaborasiPresiden Jokowi Buka KTT AIS Forum Di Bali, Bahas Kolaborasi

Bali – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT) Negara – Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States ( AIS). Forum yang diselenggarakan pada 10-11 Oktober 2023 di Bali. Jokowi juga mengatakan dalam hal ini Indonesia merasa terhormat karena dipercaya menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini.

Dalam pembukaan KTT AIS Forum di Bali, Jokowi menyambut para peserta forum dengan merasa terhormat. ” Selamat datang di bali, Indonesia senang dan merasa terhormat menjadi tuan rumah momentum bersejarah KTT pertama AIS Forum diselenggarakan, sebuah forum untuk penguatan kolaborasi antar negara pulau dan negara kepulauan yang dihubungkan oleh laut, ” . Ucap Jokowi saat menyambut tamu seperti yang dilihat dari akun Youtube Setpres, Rabu ( 11/10/2023).

Pembahasan Dalam KTT AIS Forum

” Laut bukanlah pemisah antar daratan, tapi sebenarnya laut justru pemersatu antar daratan. Dan Laut justru pelekat dan penghubung antar daratan, “ Ucap Jokowi. Jokowi juga mengatakan bahwa sebagai negara kepulauan memiliki tantangan tersendiri terkait beberapa isu dalam hal pengelolaannya. Oleh karena itu Jokowi mengajak negara-negara yang tergabung didalam KTT AIS Forum untuk berkolaborasi menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam hal negara kepulauan.

“Sebagai sesama negara kepulauan dan pulau, Terlepas besar ataupun kecil, terlepas maju atau berkembang. Kita berbagi tantangan kompleks bersama yang saling kait mengkait, dan saling terhubung satu sama lain. Seperti kenaikan permukaan laut, tata kelola sumber daya laut, dan pencemaran laut,” Ucap Jokowi.

“Jika kita membuang sampah didaratan belum tentu sampah itu berpindah kedaratan di belahan dunia lain. Tetapi jika kita membuang sampah dilautan, maka sampah itu sangat mungkin untuk sampai ke daratan dunia manapun. Oleh karena itu, menurut saya kolaborasi dan solidaritas negara kepulauan dan negara pulau sangat penting bagi kita. Untuk menghasilkan langkah-langkah strategis, kongkret dan taktis, dalam penyelesaian masalah bersama,” Ujarnya.

Dirjen ( Direktur Jenderal) Informasi dan Komunikasi Publik ( IKP ) Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo ). Usman Kansong juga mengatakan bahwasannya KTT AIS Forum 2023 bisa menjadi sarana diplomasi indonesia dalam hal isu kelautan dan ekonomi biru.

Apa itu KTT AIS Forum ???

Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT) Negara – Negara Pulau dan kepulauan atau Archipelagic and Island States ( AIS) Forum. Adalah sebuah sarana kerja sama antar negara kepulauan dan pulau sedunia. Tujuan dari forum ini adalah untuk memperkuat kolaborasi sesama negara pulau dan kepulauan dalam hal mengatasi permasalahan global dengan empat area utama. Yaitu mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik dii laut, dan tata kelola maritim yang baik.

Baca Juga : Menteri Mundur dari Jabatan, Apa Yang Sedang Terjadi ?