Sat. Apr 20th, 2024
Projo Dukung Prabowo , Ada Apa Dengan Jokowi ?Projo Dukung Prabowo , Ada Apa Dengan Jokowi ?

JAKARTA – Projo dukung Prabowo, belakangan sedang ramai menjadi perbincangan banyak pihak akan hal tersebut. Banyak Pengamat politik menilai dengan deklarasi dukungan dari organisasi relawan Pro Joko Widodo (Projo) terhadap bakal calon ( Balon ) presiden 2024 Prabowo Subianto. Hal ini mencerminkan preferensi politik jokowi dalam pemilihan Presiden 2024 nanti.

Projo Dukung Prabowo , Ini Respon Pengamat Politik

Peneliti pusat riset politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Firman Noor menilai jika manuver itu juga dengan projo dukung prabowo. Hal ini mengindikasikan bahwa dukungan politik Jokowi saat ini “berseberangan” dengan PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai balon presiden 2024.

Ujang Komarudin seorang pengamat politik dari Universitas Al-Azhar juga menyampaikan. Jika hal ini memperkuat indikasi terhadap hubungan antara jokowi dengan Megawati sedang tidak baik-baik saja. Ia juga menyampaikan bahwa jokowi terlihat ingin berperan sebagai ” King Maker “ dan penentu dalam pertarungan elektoral. Namun, ia dinilai ” tidak memiliki pengaruh yang cukup kuat ” dalam partainya sendiri.

Ujang juga menyampaikan bahwa arah dukungan Jokopi terhadap Prabowo bertujuan untuk “Mengamankan masa depan politiknya” setelah lengser dari jabatannya nanti. Hal tersebut juga akan lebih menguat apabila putranya , Gibran Rakabuming (36), dipinang oleh Prabowo sebagai bakal calon wakil presidennya.

Apabila hal tersebut terjadi Kemungkinan besar Partai Solidaritas Indonesia yang dipimpin oleh putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, akan merapat ke Koalisi Prabowo.

“Dukungan itu akan bisa menjadi satu. Karena Ada juga Kaesang dari PSI yang kemungkinan akan mendukung Prabowo, jadi kalau Gibran dilegalkan oleh MK. Maka Jokowi dan keluarganya akan ada dalam satu kekuatan poros,” sambungnya.

Sebelumnya pada Sabtu (14/10/2023), para relawan Projo yang saat ini diketuai oleh Budi Arie Setiawan mendeklarasikan dukungan mereka terhadap Prabowo Subianto.

Rakernas Projo

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) diselenggarakan di Senayan, Jakarta Pusat dan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Gibran juga turut hadir dalam rakernas tersebut. Jokowi hadir dan membuka Rakernas projo yang diselenggarakan di senayan, Jakarta Pusat. pada Sabtu (14/10/2023).

Dalam sambutan, Jokowi berpesan kepada seluruh pendukungnya untuk “Jangan tergesa – gesa” menentukan pilihan. Usai dari rakernas tersebut, para pendukungnya bertolah ke kediaman Prabowo yang berada di Kertanegara, Jakarta Selatan. Di situ lah para pendukung jokowi mendeklarasikan dukugan terhadap Prabowo dalam pilpres 2024.

Budi Arie berpendapat bahwa sosok Prabowo sesuai dengan kriteria calon presiden yang didukung oleh Jokowi di pilpres 2024 nantinya.

“Kami akan tetap tegak lurus kepada Pak Jokowi. Karena walau sudah ke sana ke mari, berarti itu bukan relawan Jokowi. Tapi relawan partai,” kata Budi.

Sampai saat ini, PDIP dan tim pemenangan dari Ganjar Pranowo menyatakan “Menghormati keputusan politik dari masing-masing relawan untuk menentukan arah dukungan politik pada pilpres 2024,”.

“Itu hak demokrasi masing-masing organisasi relawan,” ucap Ketua Tim Relawan Pemenangan Pilpres PDIP, Ahmad Basarah. “Kami juga ada namanya Projo Ganjar, mereka juga sudah mendaftarkan diri secara resmi sebagai relawan yang akan mendukung Ganjar Pranowo,” sambungnya.

BACA JUGA : Syamsul Arifin Meninggal Dunia, Mantan Gubernur Sumut Ke -15