Mon. Jul 15th, 2024
Syamsul Arifin Meninggal Dunia, Mantan Gubernur Sumut Ke -15Syamsul Arifin Meninggal Dunia, Mantan Gubernur Sumut Ke -15

SUMUT – Kabar duka baru saja datang untuk negara indonesia terkhusus warga Sumatera Utara ( Sumut). Kabar duka datang dari Sumut perihal mantan Gubernur Sumut ke – 15. Syamsul Arifin dikabarkan telah meninggal dunia di salah satu rumah sakit yang ada di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Syamsul Arifin Meninggal Dunia Karena Sakit

Terkait meninggalnya Mantan Gubernur Sumut tersebut dikabarkan bahwa meninggalnya dikarenakan sakit yang ia derita.

Hal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh stafnya Haris. Haris mengatakan bahwa Alm Syamsul Arifin meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Berdasarkan informasi yang diterima, Mantan Gubernur Sumut meninggal sekitar pukul 12.40 WIB. dari keterangan adik kandung Almarhum (Alm), Syah Afandi atau yang dikenal juga Ondim, kakak rencana akan dibawa ke pangkalan Brandan, Kabupaten langkat untukdimakamkan.

“Saat ini persiapan menuju Sumut, terimakasih ya,” ucap Ondim, Selasa (17/10/2023).

BIOGRAFI Syamsul Arifin

Syamsul Arifin adalah mantan Gubernur Sumut ke-15, sebelumnya juga beliau pernah menjadi bupati kabupaten langkat ke 18. Ia disebut juga sebagai Dato’ Seri H Syamsul Arifin atau biasa disapa dengan Dato diketahui juga masuk kedalam sembilan tokoh terkenal di tanah melayu.

Adapun 8 tokoh terkenal di kabupaten langkat, yaitu :
1. Syeikh Muhammad Husni Ginting al- Langkat Al-Azhari.
2. Syeikh Abdul Wahab Rokan
3. Datok Haji Nordin gelas.
4. Datok Setia Bakti.
5. Tengku MHD Khalid.
6. Nazril Irham.
7. Markus Horison.
8. Prof. DR. Djohar Arifin Husein.

Dato Syamsul Arifin Lahir di Medan, Sumatera Utara , 25 September 1952. Beliau adalah politikus Indonesia yang pernah menjabat Gubernur Sumatera Utara mulai 16 Juni 2008 hingga 21 Maret 2008 – 21 Maret 2011.

Di Dalam adat suku Melayu, beliau memiliki gelar sebagai Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku

Syamsul Arifin adalah Gubernur Sumatra Utara pertama yang terpilih melalui pemilihan umum secara langsung. Sebelum ia menjabat sebagai gubernur, beliau juga pernah menjabat sebagai Bupati Langkat periode 1999–2004 dan terpilih untuk menjabat kembali pada periode 2004–2008. Dirinya juga mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia daerah Sumatra Utara, dan juga Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI).

Beliau terpilih sebagai Ketua Umum MABMI secara berturut-turut sejak 2005 hingga sekarang.

Syamsul Arifin Berdarah keturunan India, Dato ternyata memiliki segudang prestasi dalam berkarir.

Baca Juga : Israel Akan Hancurkan Hamas, Gaza Semakin Terancam