Sun. Jun 16th, 2024
polusi udarapolusi udara

Tips Lindungi Kulit dari Penuaan Dini Akibat Polusi Udara. Saat ini polusi udara semakin memburuk khususnya di Ibukota Jakarta. Udara yang tidak sehat atau sudah terkena polusi sudah pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan, utamanya paru-paru.

Baca juga : Bulu Mata Bisa Rontok Karena Eyelash Extension? Benarkah?

Tak hanya itu, Dikutip dari fimela.com, Kulit juga akan terkena dampak buruk dari polusi udara yang kurang baik. Menghirup udara yang mengandung partikulat, dinitrogen oksida, ozon, dan senyawa organik yang mudah menguap dalam jangka waktu lama tak hanya memperpendek usia hidup, namun juga menambah usia kulit dan memperburuk kondisi kulit seperti penuaan dini, dermatitis, dan jerawat.

Polusi udara sangat berdampak negatif bagi kulit, rambut, dan kesehatan kita secara keseluruhan. Maka dari itu kamu perlu tahu bagaimana agar merawat kulit dari penuaan dini dengan benar akibat polusi udara.

Yuk simak beberapa tips lindungi kulit dibawah ini yang bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah kulit terjadi dan kesehatan tetap terjaga.

1. Tetap Di Rumah

Tips pertama adalah tetaplah dirumah saat polusi udara semakin memburuk dan berada pada titik tertinggi polusi.

Jika kamu rasa tidak ada keperluan yang benar-benar penting atau harus bekerja tetaplah didalam rumah. Namun jika ada kegiatan yang mengharuskan kamu untuk keluar rumah, gunakan masker dan baju panjang untuk menutupi dan melindungi kulit serta rambut kamu.

2. Gunakan Pelembab

Jika kamu telah memutuskan untuk keluar rumah sebab ada keharusan yang akan kamu kerjakan. Gunakanlah pelembab untuk melindungi kulit kamu. Sebagai bentuk penghalang antara kulit dan udara sekaligus untuk meningkatkan pertahanan alami kulit.

Bisa juga memakai perlindungan ekstra seperti serum yang bekerja di bawah pelembab untuk menutrisi kulit sepanjang hari.

3. Gunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya merupakan cara paling efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi udara. Tabir surya yang kamu gunakan pastikan pula yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi. Oleskan tabir surya setiap dua jam saat berada di luar ruangan, walaupun cuaca di luar hanya berawan.

4. Bersihkan wajah setelah beraktivitas

Walaupun sudah menggunakan pelembab untuk menangkal polusi, polutan udara tetap akan menembus kulit selama kamu berada diluar. Jadi bersihkan kulit jika sudah kembali kerumah.

Mencuci dengan lembut dapat membantu menghilangkan riasan dan zat lain tanpa membuat kulit iritasi. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

5. Perbanyak Minum Air Mineral

Untuk mencukupi kebutuhan asupan tubuh, air dapat menhidrasi kulit dan memperbaiki elastisiras kulit. Tak hanya itu saja, air mineral juga dapat mempercepat proses pertumbuhan sel kulit dan memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Menkonsumsi banyak sayur dan buah sangat baik bagi kesehatan kulit. Terlebih lagi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Terutama yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E, dimana keduanya baik untuk kesehatan kulit.