Mon. Jul 15th, 2024
IBU HAMILIBU HAMIL

Tips Perawatan Wajah Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat dan Cantik. Kesehatan dan kecantikan adalah satu hal yang penting untuk dijaga, termasuk ibu hamil. Selama masa kehamilan banyak perubahan yang akan terjadi, salah satunya pada bagian kulit wajah.

Baca juga : Yuk intip Makanan Korea yang Bikin Kulit Sehat dan Cantik

Kondisi kulit yang berbeda-beda ini tentu membutuhkan perawaran yang lebih insentif. Maka dari itu penting bagi ibu hamil untuk mengetahui perawatan di wajah yang aman untuk menjaga kesehatan kulit saat sedang hamil.

Berikut ini beberapa tips perawatan wajah yang harus di perhatikan selama masa kehamilan.

1. Gunakan pelembab wajah yang mengandung bahan alami dan bebas bahan kimia keras

Dilansir dari mayo clinic, kulit yang sehat dan terhidrasi adalah kunci untuk mempertahankan kecantikan wajah. Selama masa kehamilan, ada baiknya untuk menggunakan pelembab wajah yang bebas bahan kimia. Dan gunakan bahan yang mengandung bahan alami seperti aloe vera atau shea butter. Selain itu penting untuk selalu memperhatikan kandungan pelembab dan hindari bahan aktif seperti retinol, salisilat, paraben dan fragrance sebab dapat berpotensi membahayakan bagi janin.

2. Gunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit

Hormon dapat mempengaruhi kondisi kulit bahkan dalam masa kehamilan. Sebagian Ibu hamil mengalami masalah wajah seperti jerawat, kulit berminyak, bahkan mengalami kulit kering.

Dalam mengatasi kondisi seperti ini, sebaiknya gunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit serta pilih produk yang banyak mengandung bahan alami. Jika kamu ragu dalam memilih produk perawatan wajah, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit agar mendapatkan saran yang tepat.

3. Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan resiko hiperpigmentasi atau bintik-bintik pada kulit wajah. Ada baiknya selama masa kehamilan selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Selalu gunakan tabir surya saat kamu akan keluar dari ruangan maupun didalam ruangan. Pastikan kembali tabir surya yang kamu gunakan aman untuk ibu hamil dengan melihat bahan aktif yang digunakan.

4. Bersihkan wajah secara rutin

Pada saat hamil, membersihkan wajah secara rutin adalah langkah pertama yang sangat penting untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Selama masa kehamilan tubuh akan mengalami perubahan hormon yang akan mempengaruhi kondisi kulit. Salah satunya adalah meningkatnya produksi minyak pada kulit wajah, kemunculan jerawat, bahkan kulit menjadi jauh lebih kering dari biasanya. Maka dari itu membersihkan wajah secara teratur akan membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori.

Dengan mengikuti tips perawatan wajah yang tepat kamu dapat menjaga kulit serta janin kamu agar tetap sehat dan cantik selama masa kehamilan. Selalu konsultasi dengan dokter atau ahli perawatan kulit untuk mendapatkan tips dan perkembangan kulit kamu. Setiap ibu hamil tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dan yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan keamanan diri sendiri dan bayi yang sedang kamu kandung.