Mon. Apr 15th, 2024
Viral Fortuner Bensin Salah Isi Dexlite Di SPBUViral Fortuner Bensin Salah Isi Dexlite Di SPBU

JAKARTA, Viral Fortuner Bensin Salah Isi Dexlite Di SPBU. Viral Fortuner Bensin Salah Isi Dexlite Di SPBU, hal ini kesalahan yang sangat fatal. Dikarenakan, dapat berpengaruh besar terhadap dapur pacu. Maka dari itu, kesalahan dalam melakukan pengisian jenis bahan bakar kendaraan merupakan kesalahan yang sangat fatal sekali. Dan meski jarang, kondisi tersebut dapat saja ditemui pada mobil tertentu yang dipasarkan. Dengan dua jenis bahan bakar yang berbeda seperti Toyota Fortuner.

Dalam sebuah video singkat tersebut, dijelaskan bahwa pemiliknya hendak melakukan pengisian pertamax turbo. Sehingga masuk kelokasi dispenser pengisian khususnya. Akan tetapi, di karenakan dispenser juga terdapat Dexlite, dan Fortuner juga sduah kerap dikenal sebagai, mobil diesel yang bertenaga buas, dan sang petugas tanpa sengaja salaah melakukan pengisian.

BACA JUGA : Fakta Motor Yang Dinaiki Bocah SD Nyangkut Diatas Genting

Namun Fortuner itu niatnya hendak diisi Pertamax Turbo, namun ternyata diisi Dexlite. Dan diduga akibat ketidak fokusan petugas tersebut ”. Dalam unggahan vidio tersebut, pada hari Kamis 14 Maret 2024. Akan tetapi, Toyota Fortuner di pasarkan dalam dua pilihan mesin yaitu dengan bensin 2,7 liter dan Diesel 2,4 liter. Jadi, konsumsi BBM tertentu berbeda satu varian dengan varian yang lainnya. Dan meski begitu, petugas SPBU tersebut langsung sigap untuk bertanggung jawab. Agar kendaraan tersebut tidak mengalami kerusakan dan berfungsi sedia kala.

Dan terpantau dalam vidio tersebut, lalu pihak SPBU memangggil Towing agar mobil tersbut tidak dinyalakan dahulu. Sehingga bahan bakar tak masuk ke ruang mesin, kemudian dilakukana pengurasan total. Seberapa fatal kah bila suatu kendaraan diisi jenis bahan bakar ? Pemilik bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi iGarasi Auto Service, Muchlis, mengatakan kesalahan dalam mengisi jenis BBM bisa berakibat fatal pada mesinnya.

Setelah kejadian tersebut, Jangan dibiarkan mesin hidup terlalu lama meski masih bisa, karena risikonya bisa merusak komponen mesin seperti injektor, tapi untuk perjalanan menuju ke bengkel kemungkinan masih aman,” Ungkapanya. Namun Apabila dipaksa, kendaraan bisa mogok bahkan sampai turun mesin alias overhaul. Dan ia juga mengatakan, solusi bila sampai mobil salah isi BBM adalah melakukan kuras tangki agar dibersihkan secara optimal. Untuk tangki perlu dibersihkan secara menyeluruh sampai pada salurannya, dan filter, estimasi biayanya sekitar Rp 300.000 an.