Sat. Apr 20th, 2024
WABAH KUTU BUSUK SEMAKIN MARAK DAN KIAN MELUASWABAH KUTU BUSUK SEMAKIN MARAK DAN KIAN MELUAS

INTERNASIONAL – Wabah kutu busuk dilaporkan telah semakin meningkat di singapura dalam beberapa waktu belakangan ini. Dalam dua bulan terakhir kasus ini meningkat 40 %, hal tersebut telah dinyatakan oleh pengendali hama Aardwolf Pestkare salah satu perusahaan yang menangani kasus ini.

Pierce Chan yang saat ini menjabat sebagai Manajer Penjualan Aardwolf Pestkare telah mencatat ada kebangkitan wabah ini secara global. Hal tersebut selaras dengan beberapa negara didunia yang saat ini juga telah mengalami kutu busuk. Seperti hal nya dengan negara Korea Selatan dan kota paris di prancis.

Dihimbau juga kepada seluruh wisatawan yang sedang melakukan perjalanan Internasional untuk perlu waspada terhadap wabah tersebut. Jangan sampai nantinya mereka membawa kutu busuk keluar atau masuk kedalam negeri saat melakukan perjalanan Internasional.

Respon Penanganan Wabah Kutu Busuk

Perusahaan pengendali hama dari singapura, Pestbusters juga telah memberikan pernyataan bahwa hingga saat ini telah terjadi peningkatan 10-15 % penyebaran wabah ini selama 6 bulan terakhir.

“Diketahui jumlahmnya terus mengalami peningkatan dan saya juga menduga bahwa jumlah ini mungkin masih sedikit meningkat karena musim liburan sudah dekat,” Ucap ahli entomologi di Pestbusters, Joachim Lee.

Selain itu, Pierce juga memperkirakan bahwa penyebaran wabah ini akan meningkat 20-30 % pada kuartal pertama di tahun 2024. Hal tersebut sejalan dengan liburan akhir tahun yang dimulai dari desember 2023 hingga awal januari 2024.

Pierce juga mengatakan jika kutu busuk ini dapat dihindari dengan merendam pakaian dan semua barang bawaan di dalam air dengan suhu diatas 60 derajat Celcius.

Pihak Aardwolf Pestkare dan Pestbusters mengatakan bahwa panggilan bantuan yang diterima mereka sebagian besar dari rumah pribadi warga, namun ada juga dari tempat lain seperti hotel dan asrama.

Kedua perusahaan penanganan wabah tersebut juga memiliki penawaran dengan cara kimia dalam mengatasi serangan dari wabah tersebut. Pihaknya juga memeriksa tempat-tempat tertentu seperti sandaran kepala, batang kabel, colokan listrik dan juga lantai parket yang ada dirumah.

Namun tidak hanya itu, Hama tersebut juga sering berada di lemari, laci, sofa dan beberapa tempat umum lainnya. Daerah-daerah tersebut biasanya berdekatan dengan sumber makanan mereka. Makanan hama ini adalah manusia, mereka menyedot darah manusia.

Dalam penangkalan secara kimia, Bahan kimia disemprotkan ke tempat yang terdapat infestasi dan daerah-daerah yang berpotensi menjadi sarang dari hama. Termasuk yang sebelumnya sudah dijelaskan wilayah ataupun tempat-tempat yang disukai hama ini untuk bersembunyi.

kutu busuk

BACA JUGA : Kecelakaan Pesawat TNI-AU Jatuh Di Pasuruan