Sat. May 25th, 2024
Kecelakaan Pesawat TNI-AU Jatuh Di PasuruanKecelakaan Pesawat TNI-AU Jatuh Di Pasuruan

JAKARTA – Kecelakaan Pesawat TNI. Beredar kabar bahwa pesawat TNI bernomor ekor TT 3103 jatuh pada hari kamis (16/11/2023). Abdul Muhari yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Data Informasi Komunikasi dan Kebencanaan BNPB juga telah membenarkan kabar kecelakaan pesawat yang telah viral beredar tersebut.

“Benar, Pesawat Jatuh,” ucap singkat abdul saat dihubungi pada kamis, (16/11/2023).

Kecelakaan Pesawat TNI-AU

Kabar tentang jatuhnya pesawat TNI-AU tersebut juga telah dibenarkan oleh Kol Inf Rendra Dwi Ardhani Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Brawijaya. Iya mengatakan jika benar pesawat milik TNI-AU telah kecelakaan di wilayah watugedek, Pasuruan, Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi Rendra mengatakan kepada wartawan melalui sambungan telepon bahwa jenis pesawat yang mengalami tersebut adalah Jenis Pesawat Tucano. Menurutnya kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.00 Wib. Pesawat Milik TNI AU tersebut diketahui terbang dari malang, Pangkalan Udara Abdul Rahman Saleh.

Selanjutnya, Diketahui jatuhnya pesawat tersebut di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan. Dan ternyata pesawat yang mengalami kecelakaan ada dua. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prastyo.

Sementara itu,Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati selaku Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU menjelaskan bahwa kedua pesawat tempur yang mengalami kecelakaan itu berjenis EMB-314 Super Tucano. Dan keduanya jatuh saat melakukan latihan formasi rutin di Pasuruan, Jawa Timur.

Kronologi Kecelakaan

Kedua pesawat TNI AU yang mengalami kecelakaan tersebut jatuh dikawasan Taman Nasional Bromo. pada kamis siang (16/11/2023).

Widjojono selaku Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) menjelaskan bahwa pesawat tempur jenis EMB 314 Super Tucano yang terbang dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang saat menjalankan misi Profisiensi Formation Flight mengalami Lost Contact dengan rute penerbangan Lanud Abdulrahman Saleh.

Pesawat tersebut mulai Take Off dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 10.51 Wib dan dinyatakan telah Lost Contact pukul 11.18 Wib. Hal tersebut dikatakan oleh julius dalam keterangan tertulis.

Fakta-Fakta Tentang Jatuhnya Pesawat TNI-AU

  1. Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU Sempat Viral Di Media Sosial.
  2. Pesawat yang Jatuh jenis pesawat Tucano.
  3. Pesawat Tempur yang Mengalami Kecelakaan Ternyata Ada Dua Unit.
  4. Kecelakaan kedua Pesawat Tempur TNI AU Terjadi Saat Sedang Melakukan Latihan Formasi.
  5. Total Empat Jenazah Ditemukan dalam Kecelakaan dan Telah Dievakuasi
  6. Lokasi Jatuhnya Kedua Pesawat Tempur TNI AU di watugedek, Pasuruan, Jawa Timur.

BACA JUGA : Piala Dunia U-17 Di Indonesia, Ini Gambaran Mewah Stadiunnya