Tue. May 28th, 2024
Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Dibulan Mei 2024Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Dibulan Mei 2024

Jakarta, Beberapa Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Dibulan Mei 2024, potensi hujan dengan intensi lebat masih berpotensi beberapa wilayah Indonesia. Akan tetapi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengungkapkan sejumlah wilayah telah memasuki musim kemarau. ” Dibulan Mei 2024 ini, memasuki potensi hujan dengan identitas lebat, dan akan terjadi dalam sepekan kedepan di beberapa titik wiilayah Indonesia,” Ungkapnya Kepala P:usat Meteorologi Publik Andri Ramdhani didalam keterangan resminya pada Minggu 05 Mei 2024.

Dan Andri juga mengatakan, kondisi ini dipicu oleh aktivitas gelombang atmosfer. Yaitu adalah gelombang ekuatorial Rossby dan gelombang kelvin, Osilasi Madden-Julian (MJO), dan sirkulasi siklon yang membentuk daerah perlambatan dan konvergensi angin khususnya di Indonesia bagian tengah dan timur.

Akan tetapi untuk sementaar itu, baru 8% dari jumlah Zona Musim Indonesia memasuki musim kemarau. Dan sisanya masih juga mengalami musim hujan, untuk saat ini tidak ada hujan lebih dari 2 bulan lamanya. Diwiliyah yang sedang mengalami musin kemarau, yang meliputi sebgaian Aceh, sebagian Sumatera Utara, Riau bagian Utara, untuk sekitar Pangandaran Jawa Barat, sebagian kecil Jawa Tengah, sebagian kecil Jawa Timur, sebagian kecil Kalimantan Utara, dan sebagian kecil Sulawesi Tengah.

BACA JUGA : Suami Keliling Desa Tawarkan Jasad Istri Yang Dimutilasi

” Dan untuk mengingat potensi cuaca ekstrem ini, berupa hujan lebat masih dapat terjadi di Indonesia. Sedangkan dibagian lain, masih berpotensi mengalami fenomena suhu panas. Sehingga masyarakat diimbau tetap tenang, namun selalu waspada terhadap potensi bencana, dan terus memantau informasi peringatan dini cuaca melalui aplikasi info BMKG untuk mendapatkan informasi lebih detail,” ungkapnya. Inilah beberapa titik wilayah, yang berpotensi diguyur hujan lebat dibulan mei 2024.

  1. Sumatera barat,
  2. Riau,
  3. Sumatera Selatan,
  4. Kalimantan Barat,
  5. Kalimantan tengah,
  6. Kalimantan Utara,
  7. Kalimantan Timur,
  8. Kalimantan Selatan,
  9. Sulawesi Tengah,
  10. Sulawesi Barat,
  11. Sulawesi Selatan,
  12. Sulawesi Tenggara,
  13. Maluku,
  14. Maluku Utara,
  15. Papua Barat Daya,
  16. Papua Barat,
  17. Papua,
  18. Papua Tengah,
  19. Papua Pegunungan,
  20. Papua Selatan.