Mon. Apr 15th, 2024
Apa Itu Stretch Mark Dan Penyebab Stertch MarkApa Itu Stretch Mark Dan Penyebab Stertch Mark

Jakarta, Apa Itu Stretch Mark Dan Penyebab Stertch Mark. Apa Itu Stretch Mark, Stretch Mark merupakan, jenis bekas luka yang muncul ketika kulit kita merenggang atau menyusut dengan cepat. Dalam perubahan mendadak tersebut menyebabkan kolagen dan elastin yang menompang kulit kita pecah. Akan tetapi, menurut American Academy Of Dermatology, Dan stertch mark biasanya terjadi di beberapa bagian tubuh yaitu, di perut, paha, pinggul, payudara, punggung bawah, lengan atas.

Dan hampir semua mempunyai stretch mark, namun sekali dalm hidup kita. Tetapi tenang saja, stretch mark ini tidak menimbulkan bahaya medis apapun. Pada sebagian orang, stretch mark bisa jadi tanda rasa malu dan sesuatu yang harus di tutup-tutupi. Akan tetapi, tidak ada yang perlu dipermalukan tentang stretch mark. Namun stretch mark, merupakan bagian alami dan normal atau wajar dari tubuh banyak orang.

Adapun beberapa faktor, penyebab stretch mark namun perubahan hormonal juga mempengaruhi, begitupun juga riwayat dalam keluarga. Dan resiko mengalami stretch mask pada umumnya meningkat ketika pada :

  1. Mengalami growth spurts yakni pada masa pubertas.
  2. Hamil.
  3. Berat badan naik dan turun secara drastis.
  4. Olahraga angkat beban yang membuat masa otot tumbuh cepat.

Namun menggunakan kortikosteroid di kulit, dalam jangka panjang juga menyebabkan stertch mark. untuk pengidap Cushing’s disease atau Marfan syndrome juga bisa mengalami stretch mark.

BACA JUGA : Viral Kapal pesiar Bersandar Di Pulau Komodo

Dan adapun juga cara menghilangkan stretch mark, secara alami dan medis yaitu seperti Perawatan laser, menggunakan krim topikal, Eksfoliasi, Menggunakan minyak zaitun, Microneedlin, Mengguanakn gel lidah buaya, menggunakan minyak vitamin E, dan menggunakan madu dan garam. Akan tetapi, perlu kmau ketahui penanganan secara alami pada stretch mark hanya bisa menyamarkan saja. Untuk menghilangkan stretch mark, yang paling efektif yaitu dengan melakukan perawatan medis.