Mon. Apr 15th, 2024
Apakah Produk Suplemen Kolagen Memiliki Pengaruh Pada Kulit?Apakah Produk Suplemen Kolagen Memiliki Pengaruh Pada Kulit?

Apakah Produk Suplemen Kolagen Memiliki Pengaruh Pada Kulit?. Belakangan ini minuman kolagen sudah banyak dan ramai di pasaran,berbagai macam produk kecantikan mulai memproduksi Suplemen Kolagen. Dan distribusi produk Suplemen Kolagen juga sudah sangat banyak dari berbagai jenis macam. Biasanya produk suplemen kolagen dikemas dalam bentuk bubuk maupun kotak siap minum.

Banyak yang mengklaim bahwa produk Suplemen Kolagen yang saat ini beredar memiliki manfaat yang dapat mengenyalkan kulit. Dan juga mampu melembab kulit. Hmm kira-kira benar ga ya klaim tersebut?.

Menurut beberapa beauty vlogger yang mereview produk suplamen kolagen ini memiliki dampak yang positif pada kulit. Hal ini mereka sampaikan dalam sosial media mereka yang memiliki ratusan bahkan jutaan penggemar. Namun tentu saja kita tidak bisa langsung mempercayai hal tersebut. Karena setiap wanita pasti memiliki daya terima yang berbeda-beda.

Nah dalam artikel kali ini akan dibahas pendapat para dokter tentang klaim produk kolagen tersebut. Beberapa dokter akan menyampaikan pendapatnya mengenai klaim manfaat produk kolagen tersebut.

Apakah Produk Suplemen Kolagen Memiliki Pengaruh Pada Kulit?. Yuk langsung kita simak pendapat dokter dan ahli nya mengenai fenomena ini.

Kolagen sendiri merupakan protein yang mengandung banyak amino acid,dimana kandungan tesebut dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Fungsi kolagen sendiri ialah untuk mengikat sel-sel tubuh. Kolagen dapat kita temukan pada urat ,tulang maupun jaringan tubuh kita lainnya.

Dan pada kulit kolagen terletak pada lapisan epidermis. Yang dapat membuat kulit secara kencang dan bounchy. Namun satu hal yang sangat disayangkan ialah semakan bertambahnya usia kita. Maka akan semakin berkurang juga produksi kolagen pada tubuh kita.

Karena hal tersebut banyak produk yang mengklaim bahwa produk kolagen mereka mampu merangsang pertumbuhan kolagen secara alami. Namun apakah benar bahwa produk kolagen yang mereka katakan memiliki manfaat seperti itu?. Yuk kita simak pendapat ke dua dokter yaitu dr. Dewi Hasanah SpKK dan dr. Kevin Maharis. yang sudah dirangkum dari femaledaily.com

Menurut pendapat dr. Kevin Maharis sendiri bahwa produk Suplemen Kolagen tidak terlalu berpengaruh. Karena kebanyakan produk Suplemen Kolagen memiliki kandungan amino acid atau building block. Dimana kandungan tersebut berguna untuk membuat protein di tubuh.

Dan menurut pendapat dr. Dewi Hasanah bahwa kolagen sendiri merupakan protein yang dibuat dan berasal dari tubuh kita sendiri. Jadi dengan mengkonsumsi kolagen hanya menyuplai bahan baku kolagen. Dan belum tentu seluruh bahan baku tersebut akan menjadi kolagen di kulit.

dr. Dewi Hasanah juga menyarankan dibandingkan meminum kolagen lebih baik apabila mengkonsumsi Vitamin C. Yang memiliki fungsi merangsang kulit kita dalam memproduksi kolagen lebih banyak lagi. “Justru vitamin C yang mem-boost pembentukan kolagen dalam tubuh kita.”

Dari pendapat kedua dokter tersebut bisa dipastikan bahwa kolagen belum 100% teruji manfaatnya untuk kulit. Meskipun ada beberapa wanita yang menyatakan bahwa Suplemen Kolagen memiliki efek. Namun tidak semua juga merasakan hal yang sama.

Baca juga : Loch Ness(Nessie) Makhluk Misterius Yang Viral di Sosial Media

Seperti yang sudah disampaikan dr. Dewi Hasanah sebelumnya bahwa minuman kolagen memang memiliki kandungan protein. Tapi tidak 100% kandungan tersebut untuk kulit. Dan tidak sepenuhnya juga kandungan tersebut untuk menambah jumlah kolagen yang ada pada tubuh kita.

Justru dari beberapa jurnal dibahas bahwa kolagen bagus untuk persendian. Jadi untuk Produk Suplemen Kolagen bukannya tidak memiliki manfaat. Produk Suplemen Kolagen memiliki manfaat yang baik kok hanya saja tidak terlalu untuk kulit.