Sat. May 25th, 2024
Pembukaan Asian Games Terbaik Sepanjang SejarahPembukaan Asian Games Terbaik Sepanjang Sejarah

Sabtu, 23 September 2023 merupakan hari pembukaan Asian Games 2022 yang di laksanakan di China. Acara ini berlangsung pada 23 September malam, tepatnya di Stadion Nasional Hangzhou.

Acara ini terlaksana dengan sangat meriah dan bertabur kemewahan, seakan-akan tuan rumah menunjukkan kualitas mereka sebagai Raja Asia. Mulai dari kedatangan Presiden China Xi Jin Ping sekitar pukul 18.30 WIB. Kemudian penampilan bertajuk ‘air dalam musim gugur yang bercahaya membuat acara ini semakin lengkap.

Selanjutnya disusul parade atlet dari berbagai negara termasuk Indonesia. Putra Hernanda Zulfi (atlet voli) dan atlet wushu Nadhira Mauriskha menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam kesempatan tersebut.

Berbeda dari Asian Games edisi-edisi sebelumnya, Hangzhou menyiapkan konsep pembukaan yang inovatif membuat langit malam Hangzhou bermandikan cahaya warna-warni dengan adanya sentuhan visual tiga dimensi dan augmented reality (AR). Sehingga penonton di stadion ataupun melalui layar kaca dibuat terkesan dengan pertunjukkan tersebut.

Negara yang berkomitmen untuk menekan emisi karbon ini tidak menampilkan pertunjukan kembang api konvensional pada acara tersebut. Membuatnya sangat berbeda dari acara pembukaan Asian Games sebelum-sebelumnya.

Persiapan Acara Pembukaan Asian Games

Beberapa hari terakhir sebelum puncak pembukaan Asian Games 2022, langit malam kompleks olahraga olimpiade Hangzhou dihiasi oleh cahaya warni-warni. Ditambah lagi lampu putih kebiruan ditembakkan ke langit dari sejumlah titik di kawasan tersebut. Cahaya itu berpadu lampu merah muda dan kuning yang menghiasi tiga arena di sana. Yakni Stadion Utama Hangzhou yang dijuluki ”Teratai Besar”, arena tenis berjuluk ”Teratai Kecil”, serta arena senam dan akuatik yang menjadi satu-kesatuan bangunan bak sayap kupu-kupu.

Bebagai perbaduan warna dari cahaya lampu tersebut dijadikan sebagai pengganti letusan kembang api konvensional yang biasanya selalu ditampilkan saat pembukaan ajang multicabang, baik SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade.

BACA JUGA : Adi Sudirja Konten Bersama Ayam 500 Juta

”Saya rasa, pembukaan Asian Games kali ini akan sangat menarik dan menjadi sejarah baru. Itu akan menjadi tonggak yang membawa standar Asian Games ke level lebih tinggi, lalu menjadi ajang yang lebih baik di edisi-edisi berikutnya,” ujar wartawan olahraga asal Iran, Shiva.

Dilansir dari China Daily, Juru Bicara Pusat Operasi Upacara Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2022 Li Yiqing mengatakan misi utama pihaknya adalah mengadakan acara pembukaan yang berskala besar, tetapi dengan cara yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan ekonomis. Maka itu, mereka mengganti kembang api konvensional dengan pertunjukan visual yang diproyeksikan ke layar tirai.

Selain dari itu, untuk acara ini Hangzhou juga tidak melupakan unsur budaya dan sejarah panjang Hangzhou yang terbangun selama lebih kurang 5.000 tahun. Sehingga upacara itu akan menghadirkan banyak segmen dari berbagai peristiwa bersejarah di kota yang berada di timur China itu.