Sat. May 25th, 2024
Pembunuh Mirna Dalam Film Ice Cold Yang Akan TayangPembunuh Mirna Dalam Film Ice Cold Yang Akan Tayang

JAKARTA – Mungkin masih banyak dari kita yang belum lupa dengan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Kumala Wongso. Kasus yang sempat menjadi viral dan panjang dalam persidangan tersebut kini diangkat menjadi film dokumenter yang berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso.

Kasus pembunuhan yang dikenal dengan “Pembunuhan Kopi Sianida” menarik perhatian sutradara untuk menjadikannya sebagai film dokumenter. Film dokumenter tersebut mulai tayang di Netflix pada 28 september 2023 lalu.

Kasus Pembunuhan Wayan Mirna Salihin

Sebelum Vonis dijatuhkan kepada Jessica Wongso, dalam pertimbangan majelis hakim, Jessika dianggap telah melakukan perencanaan pembunuhan secara matang, perbuatan sangat sadis karena menyiksa terlebih dahulu sebelum meninggal. Keterangan berbelit-belit, dan tidak mengakui perbuatannya.

Sementara itu, hal yang meringankan adalah karena usia Jessica yang dianggap masih muda. Sehingga, dirinya divonis 20 tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dan di tingkat Mahkamah Agung (MA) untuk permohonan kasasi Jessica ditolak. Ketua majelis yang menangani perkara ini adalah Artidjo Alkostar yang kini telah pensiun.

Tentang Film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso

Film ini menceritakan tentang kasus pembunuhan yang sempat menggemparkan di Indonesia pada tahun 2016 silam. Kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang wanita yang tak lain adalah teman dari korban itu sendiri yaitu Jessika Wongso terjadi pada 6 januari 2016 yang lalu. Dalam persidangan, dirinya terbukti sudah melakukan pembunuhan dengan sengaja terhadap Wayan Mirna Salihin yang adalah temannya sendiri. Kejadian tersebut berlangsung di kafe Olivier yang berada di Mall Grand Indonesia, Jakarta.

Dalam proses pembuatan film dokumenter ini juga mewawancari berbagai pihak, termasuk ayah dan saudara kembar dari Mirna yaitu Edi dan Sandy Salihin. Selain dari itu wartawan yang meliput tentang kasus ini. Pengacara Jessica, sampai Staf dari Kafe Oliver yang menjadi tempat terjadinya kasus ini juga turut diwawancarai.

Selain itu, film Ice Cold juga menayangkan wawancara eksklusif dengan Jessica Kumala Wongso terkait kasus yang menjeratnya tersebut.

“Film dokumenter ini memaparkan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang melingkup persidangan Jessika Wongso, bertahun-tahun setelah kematian sahabatnya, Wayan Mirna Salihin,” keterangan yang ditulis Netflix indonesia pada Agustus lalu.

Baca Juga : Presiden Jokowi Buka KTT AIS Forum Di Bali, Bahas Kolaborasi