Tue. May 28th, 2024
TIKTOK SHOP BUKA LAGI ?, PEMERINTAH BERI SYARAT INITIKTOK SHOP BUKA LAGI ?, PEMERINTAH BERI SYARAT INI

JAKARTA – TikTok Shop Buka Lagi, belakngan menjadi pembahasan hangat di tengah masyarakat, terkhusus jagat media sosial (Medsos). Bagaimana tidak, saat ini sudah hampir seluruh kalangan dari berbagai generasi menggunakan online shop. Untuk memenuhi kebutuhan fashion saat ini para pembeli lebih memilih online shop sebagai tempat untuk berbelanja.

Sebelumnya heboh terkait Penutupan Tiktok Shop tersebut. Ada pihak yang diuntungkan namun tidak sedikit juga pihak yang dirugikan dari penutupan platform tersebut. Hal ini sempat ramai menjadi perbincangan netizen.

Pemerintah melalui Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Teten Masduki memberikan peluang bagi Tiktok Shop jika ingin membuka kembali fitur jual beli dalam aplikasinya di indonesia melalui aplikasi TikTok Shop.

Teten menyampaikan beberapa persyaratan yang harus diikuti jika TikTok ingin membuka kembali layanan jual beli tersebut dalam aplikasinya. Adapun syarat diberikan oleh pemerintah yang harus dipatuhi oleh aplikasi tersebut adalah TikTok harus mematuhi seluruh peraturan tentang platform perdagangan elektronik ( E-Commerce) dan media sosial yang berlaku di indonesia.

TikTok Shop Buka Lagi, Ini Pernyataan dari Kemenkop

“Kita sekarang kan ada aturan baru yang sudah diberlakukan , jadi nanati jika TikTok ignin membuka kembali TikTok Shop nya tentu kan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023,” kata teten, pada Rabu 25 Oktober 2023.

Jika melihat peraturan yang baru diberlakukan oleh pemerintah. TikTok harus memisahkan antara Aplikasi media sosial dengan layanan E-Commerce, jadi nantinya akan ada aplikasi berbeda antara media sosial dengan aplikasi jual belinya.

Selain itu juga Presiden Jokowi meminta untuk mengembangkan model bisnis yang berkelanjutan. “Nanti kita akan menyikapi gimana agar Tiktok bisa bisnisnya ini mampu berkelanjutan. Hal tersebut tentunya harus dilengkapi lagi dalam kebijakan platform dan di perdagangan secara elektronik,” jelas teten.

Teten direncanakan akan bertemu langsung dengan CEO dari Tiktok (Shou Zi Chew). Namun belum dipastikan kapan dan topik yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

“Nanti lah, kan kita kalau ketemu sudah pasti. Saya jika ditugaskan oleh presiden ya pasati akan saya jalankan,” tutupnya.

BACA JUGA : Viral Elon Musk Beri Rp 16 T Pada Wikipedia Jika Ubah Nama