Sat. Apr 20th, 2024
Viral Elon Musk Beri Rp 16 T Pada Wikipedia Jika Ubah NamaViral Elon Musk Beri Rp 16 T Pada Wikipedia Jika Ubah Nama

JAKARTA – Viral Elon Musk kembali lagi membuat pernyataan diluar nalar yang membuat heboh jagat internet lewat unggahannya dalam akun X (dahulunya Twitter). Tidak tanggung-tanggung Miliarder tersebut menawarkan 1 M Dolar AS atau setara dengan Rp 16 triliun jika dihitung kedalam mata uang rupiah. Uang sebesar itu akan ia berikan kepada wikipedia jika mau mengubah nama.

Namun, Elon tidak memberikan uang tersebut secara cuma-cuma. Ia memiliki syarat dengan Wikipedia harus mau mengubah namanya dengan sebutan “Kotor”. Dengan aksinya tersebut Viral Elon Musk menjadi perbincangan oleh warganet.

Pernyataan Elon Musk

“Saya akan memberikan kepada mereka (Wikipedia) uang senilai 1 Miliar Dolar Amerika jika mau menguban nama jadi (D*ckipedia),” tulis Elon dalam akun X milik pribadinya.

Cuitannya tersebut lalu direspon oleh jurnalis Ed Krassenstein. Ia meminta Wikipedia untuk mau mengubah nama platformnya tersebut, ambil uang dari Elon,lalu mengganti kembali nama mereka seperti sebelumnya.

“@Wikipedia, lakukan! Kalian bisa mengubahnya kembali setelah mengambil uang dari dia,” komentar pengguna tersebut.

Menganggapi hal tersebut, Elon juga tidak bodoh. Ia membalas dengan mengatakan “Setidaknya nama tersebut harus bertahan selama minimal 1 tahun, Saya tidak bodoh,”.

Hal ini tentu saja terjadi bukan tanpa sebab. Berawal dari kritiknya terhadap lembaga yang mengoperasikan Wikipedia (Wikimedia Foundation), yang dinilai terlalu banyak meminta uang.

Pasalnya, model bisnis dari Wikipedia ini memang berbasis donasi dari para pengguna. Dan donasi tersebut digunakan untuk mengkurasi konten dan menterjemahkan kedalam banyak bahasa, supanya informasi lebih mudah untuk dipahami oleh semua orang.

Hal ini juga bukan menjadi yang pertama kali Elon Musk berselisih paham dengan pihak Wikipedia. pada bulan Mei yang lalu, Pendiri Wikipedia yaitu Jimmy Wales juga sempat mengecam Elon karena menyensor kritik warganet untuk Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Wales secara tegas mengatakan jika dia akan menolak sikapnya tersebut untuk Wikipedia.

Kritik dari Elon yang diunggahnya melalui akun di platform X tersebut kemudian direspon juga oleh Community Notes dari Wikipedia. Ia Menjelaskan jika Wikipedia dalam satu bulan mendapatkan 25 miliar views dan mengedit 44 juta halaman.

Karena hal tersebut, pihaknya membutuhkan dana operasional. Wikipedia tidak ingin menjual layanan kepada investor, atau memasangkan iklan. Mereka tetap bertahan pada model bisnis donasi.

BACA JUGA : Atlit Indonesia Raih Emas Lagi Di Asian Para Games