Mon. Apr 15th, 2024
Mengatasi bau badan dan keringat berlebihMengatasi bau badan dan keringat berlebih

Tips mudah atasi bau badan dan keringat berlebih. Cuaca yang panas kadang membuat tubuh terasa gerah dan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Alhasil tubuh terasa lebih lengket, terutama pada bagian area ketiak. Selain itu mendadak kamu juga memiliki bau badan yang kurang sedap. Kamu juga merasa tidak percaya diri dan kurang nayman untuk melakukan aktivitas di luar ruangan bersama banyak orang. Lalu bagaimana mengatasinya?

Baca juga : Rekomendasi Collagen Drink Agar Kulit Tampak Lebih Sehat dan Cerah

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan tentu susah akan mengatasi masalah keringat dan bau badan ini. Kamu harus mengganti baju atau mandi untuk mengatasinya. Namun tak hanya cara itu saja, ada cara lain untuk mengatasi masalah bau badan bahkan sedang beraktivitas di dalam maupun luar ruangan.

Yuk simak beberapa tips mudah atasi bau badan dan keringat yang berlebih.

Menggunakan Hand Sanitizer

Hand Sanitizer biasanya digunakan untuk membersihkan tangan, namun hand sinitizer bisa untuk mengatasi bau badan juga loh. Beberapa ahli kesehatan mengatakan jika menggunakan beragam jenis hand sinitizer dapat membersihkan dan mengatasi bau badan terutama pada area ketiak.

Dan bahkan jika ingin mencegah penumpukan bakteri pada ketiak, kamu bisa membersihkan area lipatan dengan hand sanitizer setiap harinya. Karena bau badan bisa disebabkan oleh bakteri bukan keringat. Jadi kandungan bahan aktif pada hand sanitizer mampu mengurangi bau badan secara perlahan.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak memilih produk hand sanitizer dengan bahan antibiotik yang kuat karena dapat menimbulkan resiko resistensi bakteri. Dan jika baru mencukur bulu ketiak, penggunaan dengan hand sanitizer akan menimbulkan rasa yang sedikit perih.

Mengurangi Stres

Faktanya, stres juga bisa memicu produksi keringat. Jadi jika stres di cuaca yang panas, artinya semakin lebih banyak keringat yang keluar dari tubuh dan kamu akan memiliki bau badan yang kurang sedap. Para ahli menyarankan untuk berfokus mengurangi tingkat stres yang kamu alami.

Kamu bisa mencoba teknik meditasi atau teknik lainnya yang dapat meredakan stres yang kamu alami. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi risiko munculnya bau badan saat sedang beraktivitas di keadaan cuaca yang panas.

Jangan bergantung dengan Deodorant

Kamu mungkin berpikir untuk menggunakan deodorant agar bisa mengatasi bau badan di cuaca panas. Namun, para ahli menyarankan untuk tidak bergantung pada produk tersebut.

Khususnya pada deodorant berbahan dasar alumunium. Karena, alumunium dapat menyumbat kelenjar sebum sehingga menahan pertumbuhan rambut dan memunculkan iritasi lain. Dan berdampak secara tidak langsung pada terhambatnya keringat keluar dari tubuh.

Bagaimana dengan deodoran berbahan alami? Produk ini pun tidak sepenuhnya disarankan oleh para ahli sebab kamu dapat memperpanjang penggunaan anti-perspirant ini.

Bau badan memang sangat mengganggu! Membuatmu jadi kurang percaya diri. Jika mengalami bau badan kurang sedap yang meningkat di cuaca panas (maupun cuaca lainnya), kamu bisa menggunakan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat!